Sukses

Parenting

5 Makanan yang Menjadi Pantangan Buat Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Hamil merupakan moment yang sangat berarti bagi setiap perempuan. Saat seorang perempuan sedang hamil, ia harus serba hati-hati dengan dirinya maupun janin di dalam kandungannya. Ibu hamil tak boleh melakukan aktivitas yang terlalu berat. Ibu hamil tak boleh terlalu stres apalagi depresi. Ibu hamil juga tak boleh sembarangan dalam memilih makanan.

Ketika ibu hamil salah dalam memilih makanan, ini bisa berbahaya buat kesehatannya maupun tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Melansir dari laman prevention.com, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari atau menjadi pantangan bagi ibu hamil. Makanan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Tape

Makanan pertama yang harus dihindari ibu hamil adalah tape. Tape adalah makanan yang difermentasi. Ahli kesehatan menyebutkan bahwa makanan yang berasal dari proses fermentasi tidak baik buat kesehatan janin.

2. Makanan setengah matang

Ibu hamil sangat tidak disarankan mengonsumsi makanan setengah matang. Makanan setengah matang seperti telur, daging, susu, seafood dan sayuran dikhawatirkan masih mengandung bakteri atau kuman yang bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

3. Daging Berlemak

Daging memang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ibu maupun janin. Tapi, daging yang mengandung banyak lemak dilarang dikonsumsi ibu hamil. Ini karena daging berlemak bisa menyebabkan kolesterol dan masalah kesehatan lainnya selama kehamilan.

4. Sushi

Bagi kita yang sangat suka makan sushi, saat hamil usahakan untuk tidak mengonsumsi sushi. Kenapa? Sushi dipercaya mengandung banyak bakteri dan kuman yangb bisa berbahaya buat tumbuh kembang janin. Apalagi, jika sushi ini terbuat dari daging, ikan dan sayur mentah.

5. Makanan Asin

Makanan atau camilan yang memiliki rasa asin memang menggugah selera. Namun, buat ibu hamil sebaiknya mengurangi konsumsi makanan asin terlalu berlebih. Makanan atau camilan asin dikhawatirkan bisa membuat tekanan darah ibu tinggi. Jika tekanan darah ibu tinggi, ini akan mempengaruhi proses persalinan nantinya.

Itulah beberapa makanan yang menjadi pantangan buat ibu hamil. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga menjadi pantangan adalah makanan yang mengandung gula berlebih, nangka muda yang getahnya tidak dibuang hingga bersih, makanan dengan rasa pahit, daging kambing berlebih, keju dari susu pasteurisasi, kerang mentah dan minuman mengandung kafein berlebih. Ibu hamil juga dilarang minum jamu.

 

Artikel Selanjutnya
Menurut Studi, Menahan Buang Air Kecil Selama Hamil Menyebabkan Anyang-anyangan
Artikel Selanjutnya
2 Posisi Seks Ini Bisa Bantu Pasutri Punya Anak Laki-Laki