Sukses

Health

7 Cara Sederhana Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Jika memiliki penyakit darah tinggi, maka sudah seharusnya menghindari pemicu dan penyebab tekanan darah meningkat. Tentu kita bisa menangani masalah kesehatan ini dengan mengonsumsi obat-obatan dari dokter, tapi sebaiknya juga dibarengi dengan melakukan pencegahan dan cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Ada banyak cara sehat yang bisa diterapkan untuk menurunkan tekanan darah tanpa harus bergantung pada obat-obatan. Ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Jogging di pagi hari

Jogging paling tidak selama 15-30 menit di pagi atau sore hari mampu meningkatkan fungsi pernapasan, kekuatan otot kaki dan sendi, serta baik untuk kesehatan jantung atau kardio.

2. Bersepeda di alam terbuka

Bersepeda adalah olaharaga kardio yang santai tapi menyenangkan, sekalgus cara efekrif turunkan tekanan darah tinggi alami yang tidak merepotkan. Usahakan bersepeda di lingkungan yang tidak mengalami polusi udara. Cukup lakukan paling tidak 30 menit untuk bisa menurunkan hipertensi. Bersepeda juga sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan otot jantung.

3. Minum banyak air putih

Tidak banyak yang tahu kalau kurang minum air putih juga bisa membuat tekanan darah tinggi susah turun. Kurang air putih membuat darah mengental sehingga memicu kerja jantung lebih keras. Minum air sesudah olahraga juga akan membantu membuang kelebihan garam dalam darah sehingga baik dalam membantu menurunkan tekanan darah.

4. Menurunkan berat badan

Salah satu penyebab utama tubuh berisiko terserang hipertensi adalah masalah kegemukan. Penumpukan lemak membuat kinerja organ lebih berat dari seharusnya. Kebanyakan lemak tubuh juga memicu kolesterol dan hidpertensi secara bersamaan. Dengan menurunkan paling tidak 10% dari berat badan, akan membantu mencegah tingginya tekanan darah.

5. Berenang

Kedua olahraga air ini bisa dilakukan dengan tenang dan tanpa banyak mengeluarkan tenaga, kecuali kamu memaksakan diri untuk mencoba berbagai macam gaya berenang. Dengan mengatur napas selama berenang sebenarnya sudah bisa memberikan efek penurunan tekanan darah. Lakukan olahraga ini paling tidak 30 menit per hari. Atau sebagai gantinya, lakukan meditasi atau yoga.

6. Makan makanan sehat

Beberapa makanan seperti sayuran dam buah buahan-buahan sangat baik dalam menurunkan tekanan darah seperti sayuran berdaun hijau, buah semangka, melon, mentimun sangat baik dalam menurunkan tekanan darah. Tidak perlu makan banyak, hanya secukupnya saja sudah bisa menurunkan tekanan darah.

7. Hindari garam dan makanan asin

Memperhatikan asupan garam adalah hal yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Jangan terlalu banyak makan makanan asin karena bisa meningkatkan tekanan darah.

Itu dia Ladies beberapa cara sehat penurun tekanan darah tinggi.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading