Sukses

Health

5 Tips Hadapi Musim Hujan Agar Tak Mudah Sakit

Fimela.com, Jakarta Musim hujan memang memberikan kenyamanan tersendiri karena menurunkan suhu cuaca yang semula panas dan gerah. Tapi musim penghujan seringkali juga menimbulkan masalah, terutama munculnya banyak penyakit. Saat musim inilah kita harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan. Lalu apa yang bisa kita lakukan agar musim hujan tidak mudah membuat kita sakit?

1. Menjaga kebersihan makanan dan minuman

Seringkali air hujan akan mengalir ke mana pun, bahkan ke tempat paling kotor sekalipun. Inilah yang peru diwaspadai, karena air yang kotor bisa mencemari air bersih di rumah. Jika membeli atau memetik sayur dan buah dari kebun, pastikan mencuci bersih dari tanah dan kotoran yang menempel, terutama untuk sayuran yang berlapis seperti kubis, sawi, kol, pokcoy, brokoli dan selada.

Selain itu, pastikan pula minum minuman hangat dan memiliki efek menguatkan imun tubuh sehingga stamina terjaga seperti seduhan jahe, perasan jeruk lemon dan berbagai macam teh herbal lainnya. Melakukan ini akan membantu tubuh menjaga kekebalan dari serangan penyakit.

2. Menjaga kebersihan rumah

Seringkali tidak semua air hujan meresap ke dalam tanah, ada yang membentuk genangan di dalam tanah cekung, kaleng atau wadah-wadah terbuka. Hal ini bisa mengundang nyamuk bertelur dan menyebar penyakit. Jadi, pastikan untuk tidak membiarkan ada wadah yang bisa menampung air untuk nyamuk berkembang biak. Seringlah menyapu dan mengepel lantai untuk menjaga kebersihan rumah.

3. Menjaga pola makan yang sehat

Penting sekali memenuhi nutrisi tubuh setiap hari dengan makan makanan bergizi seperti buah dan sayur serta sesekali ikan dan daging. Saat musim penghujan, tubuh memerlukan energi lebih untuk menghangatkan tubuh dan menjaga imunitas. Bukan hanya itu, menjaga pencernaan dari gangguan diare saat musim hujan juga penting. Jadi pastikan makan makanan yang juga berserat agar tidak mengalami masalah pencernaan.

4. Lebih rajin olahraga

Jangan tinggalkan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga tubuh tetap prima. Selain membakar lemak, olahraga juga membantu menjaga vitalitas tubuh agar tidak mudah sakit. Imunitas tubuh juga lebih baik karena olahraga membantu tubuh lebih kuat bukan hanya secara fisik tapi mental.

5. Kurangi begadang

Meskipun sudah makan sehat, olahraga dan menjaga kebersihan rumah, hal paling penting selalu berasal dari diri sendiri, salah satunya adalah memberikan waktu istirahat yang cukup untuk tubuh. Begadang mengurangi waktu tidur dan regenerasi sel sehingga tubuh mudah lemah dan terinfeksi virus. Tidurlah 8 jam per malam untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa diikuti. Musim hujan mungkin memang menyegarkan dan suhu udara lebih lembap dan nyaman daripada musim kemarau, namun jangan sampai mengabaikan kesehatan ya, Sahabat Fimela.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading