Sukses

Health

Cara Mengatasi Mual dan Muntah Akibat Terlalu Banyak Konsumsi MSG

Makan makanan yang mengandung penyedap rasa semacam monosodium glutamat (MSG) atau micin memang sudah wajar. Banyak makanan mengandung MSG sebagai bahan yang mampu membuat makanan lebih gurih dan enak.

Namun jika mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan tentunya juga menimbulkan efek samping kesehatan. Salah satu efeknya adalah pusing dan mual. Dokter menyebut kondisi ini dengan sindrom kompleks MSG. Bahkan terkadang ada keluhan mengenai dada sesak setelah kebanyakan mengonsumsi MSG. Namun, tetap ada perawatan bila mengalami keluhan usai mengonsumsi MSG tergantung pada gejala dan tingkat keparahan.

Lalu bagaimana sebaiknya mengatasi efek terlalu banyak makan micin atau MSG? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

 

Jika gejalanya cukup ringan, seperti pening, pusing atau migrain, kamu bisa menyeduh teh hangat seperti teh peppermint untuk meredakan dan menetralkan efek MSG di tubuh.

Air Putih

Mengonsumsi air putih juga dipercaya dapat membantu mengatasi mual dan muntah akibat terlalu banyak makan micin. Pastikan Sahabat Fimela mendapatkan asupan air putih yang cukup untuk membersihkan racun yang ada dalam tubuh. 

Wedang Jahe

Jahe memiliki kandungan gingerol yang diduga ilmuwan bisa merangsang pelepasan serotonin pada otak sehingga bisa mengurangi stres yang muncul dalam bentuk rasa mual dan sakit kepala. Sedangkan peppermint punya efek menyegarkan dan memecah lemak sehingga baik untuk sistem pencernaan.

Tentunya MSG tidak berbahaya jika dikonsumsi secukupnya, dan tidak semua orang mengalami efek MSG hingga parah, jadi pastikan saja kamu tahu batasan konsumsi sehat untuk tubuhmu dan tepat jaga kesehatan ya, Ladies.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading