Sukses

Health

Makanan dan Minuman yang Cocok Dikonsumsi Penderita Vertigo

Fimela.com, Jakarta Vertigo adalah penyakit yang menyerang kepala. Gejala yang dialami seorang penderita vertigo, baisanya mengalami pusing yang mengelilingi seluruh kepala, mata terasa gelap dan melihat sekliling berputar. Gejala vertigo ini harus diwaspadi.

Gejala vertigo biasanya akan muncul secara tiba-tiba. Kalau vertigo muncul, akan menyebabkan seseorang kehilangan keseimbangan dan bisa membuat pingsan. Vertigo bisa disembuhkan dan dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Namun bagi Sahabat Fimela yang memiliki vertigo akut, segeralah untuk berkonsultasi pada dokter. Sehingga dokter akan memberikan penanganan dan obat yang tepat. Berikut beberapa makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi penderita vertigo, agar vertigo tidak mudah muncul:

 

Penyebab Vertigo

Vertigo disebabkan oleh gangguan fungsi vestibular pada telinga bagian dalam. Pada dasarnya otak kecil dan telinga bagian dalam, adalah bagian tubuh yang memiliki fungsi untuk membantu menyeimbangkan tubuh seseorang. Bagian otak kecil memiliki fungsi untuk membantu mengatur aktivitas otot.

Agar otak berfungsi dengan baik, maka membutuhkan asupan gizi, aliran darah yang lancar dan oksigen. Begitu juga dengan telinga, yang membutuhkan asupan cairan yang cukup. Karena telinga memiliki peran untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh.

Vertigo paling banyak muncul pada perempuan dan tidak mengenal usia. Vertigo bisa menjadi suatu penanda penyakit yang serius atau kronis, atau hanya merupakan sakit yang bersifat sementara saja. Seorang yang mengalami haid juga bisa merasakan vertigo hanya sementara. Vertigo dapat juga disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

Minuman Sehat untuk Vertigo

Jahe

Untuk meredakan vertigo, minuman sehat yang cocok untuk dikonsumsi adalah jahe hangat atau wedang jahe. Jahe sangat terkenal dan sering kali dijadikan sebagai obat tradisional. Jahe memiliki kandungan magnesium, vitamin C, vitamin B6, fosfor, tembaga, besi, kalsium dan seng yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh seseorang, agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain membantu meringankan dan mencegah vertigo, jahe juga bisa membantu meningkatkan aliran darah di otak, menghangatkan badan, dan membantu membunuh virus penyebab penyakit di dalam tubuh. Rebus jahe dengan air sampai mendidih. Kemudian campurkan madu, teh atau lemon, untuk membuat rasa jahe hangat menjadi lebih enak. Hindari penggunakan gula tambahan saat merebus jahe.

Air Putih

Penyebab vertigo bisa juga karena dehidrasi. Sehingga harus mengonsumsi air putih. Karena air putih bisa membantu menambah cairan di dalam tubuh, dan membantu memperlancar aliran oksigen di dalam otak.

Air putih harus dikonsumsi minimal sebanyak 8 gelas sehari, atau sekitar 2 liter sehari. Air putih bisa membantu menghidrasi tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Makanan Sehat untuk Vertigo

Bayam

Makanan selanjutnya yang bisa membantu mengatasi vertigo adalah bayam. Bayam merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan kaya akan antioksidan, vitamin E,  vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Bayam juga memiliki kandungan yang kaya akan magnesium, asam folat, zat besi, potasium, kalsium dan sodium, yang baik untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam bayam, bisa membantu mencegah kerusakan sel di dalam otak, yang disebabkan karena radikal bebas. Sehingga otak bisa bekerja dan berfungsi dengan baik, untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh. Sedangkan kandungan vitamin yang ada di dalam bayam, bisa membantu menjaga elastisitas pembuluh darah, dan membantu melancarkan peredaran darah, sehingga bisa membantu melancarkan aliran oksigen ke dalam otak.

Kuning Telur

Kuning telur juga memiliki peran untuk membantu menyembuhkan vertigo. Kandungan vitamin D yang ada di dalam kuning telur, bisa membantu mengurangi gejala pusing yang dirasakan penderita vertigo.  Kuning telur juga memiliki kandungan tinggi protein, yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu kuning telur juga punya kandungan vitamin B6, folat, vitamin B, vitamin B-12, vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Bagi pemilik penyakit jantung dan kolesterol tinggi, jangan mengonsumsi kuning telur lebih dari 3 butir dalam seminggu. Lalu konsumsilah telur yang sudah matang, dan lebih baik direbus tanpa menggunakan garam.

Tuna

Makanan yang cocok dikonsumsi berikutnya adalah tuna. Tuna adalah ikan yang memiliki kandungan vitamin B6, yang bisa membantu meringankan penyakit vertigo, dan membantu meningkatkan sistem kerja fungsi otak. Ikan tuna juga bisa membantu menyehatkan jantung, menjaga kestabilan darah di dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan mata, mencegah kanker dan membantu memperlancar sistem pencernaan.

 

Loading