Sukses

Health

Urutan Tepat antara Sikat Gigi, Flossing, dan Menggunakan Obat Kumur

Fimela.com, Jakarta Ada urutan yang tepat dan sebaiknya diikuti dalam perawatan gigi, seperti halnya saat kamu melakukan perawatan kulit sehari-hari. Menurut dokter gigi, rutintas perawatan gigi 2 kali sehari sebenarnya harus terdiri dari beberapa langkah dengan urutan yang sangat spesifik.

Mendedikasikan waktu untuk perawatan gigi yang tepat adalah salah satu investasi terbaik yang bisa kamu lakukan untuk diri sendiri. Dilansir dari allure.com, berikut ini adalah rutinitas perawatan gigi sehari-hari yang ideal dilakukan setiap pagi dan malam.

1. Mulai dengan obat kumur di pagi hari

Banyak orang mungkin menggunakan obat kumur sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan gigi mereka. Namun, Rob Raimondi, seorang dokter gigi di New York City menyarankan untuk berkumur terlebih dahulu, di pagi dan malam hari.

Saat tidur, kelenjar luda berhenti mengeluarkan air liur dan bakteri aerob oportunistik yang menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang meningkatkan aktivitasnya. Obat kumur bisa segera mengatasinya dan jangan menggunakannya segera setelah sikat gigi.

2. Membersihkan sela-sela gigi

Benang gigi atau flossing juga sebaiknya digunakan sebelum sikat gigi. Sikat gigi hanya bisa menjangkau sisi depan dan belakang gigi. Flossing didahulukan agar saat kamu sikat gigi, pasta gigi yang digunakan bisa memiliki akses yang lebih baik di sela-sela gigi.

 

3. Sikat gigi dengan sabar

Kamu mungkin sudah tahu aturannya, sikat gigi sebaiknya dilakukan selama 2 menit. Tekniknya, miringkan sikat gigi pda sudut 45 derajat ke gusi dan sikat dengan gerakan melingkar ke dalam gusi.

Sikat permukaan luar, permukaan dalam, dan permukaan kunyah semua gigi. Jangan sikat gigi terlalu keras, karena kamu bisa secara tidak sengaja menyebabkan resesi gusi dan gigi sensitif.

Sejauh ini, pasta gigi terbaik adalah dengan formula fluoride. Atau sebaiknya hindari pasta gigi dengan pemutih dan arang.

4. Membersihkan kotoran dari lidah

Lidah terdiri dari banyak kripta kecil, yang bisa menampung bakteri dan kotoran. Jika tidak dibersihkan secara teratur, lapisan lidah akan terbentuk dan menjadi salah satu penyebab terbesar bau mulut.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Sikat Gigi 2 Kali Sehari untuk Cegah Gigi Berlubang Hingga Penyakit Jantung
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menyikat Gigi yang Benar untuk Cegah Gigi Berlubang