Sukses

Lifestyle

5 Jenis Buah yang Bisa Mencerahkan Gigi Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Gigi kuning merupakan masalah yang sering dialami banyak orang. Gigi yang menguning bisa menyebabkan rasa kepercayaan diri menurun. Gigi berwarna kuning ini, bisa disebabkan karena faktor usia, pola hidup kurang sehat atau memiliki riwayat penyakit khusus.

Gigi kuning ini bisa diatasi dengan merawat gigi secara rutin ke dokter gigi. Sahabat Fimela juga bisa rajin menggosok gigi, berkumur dan menggunakan produk pencerah gigi yang memiliki kandungan bahan kimia. Gigi yang tidak pernah dirawat akan membahayakan kesehatan mulut.

Selain melakukan perawatan gigi secara rutin, Sahabat Fimela juga bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta mencerahkan gigi yang kuning dengan mengonsumsi buah-buahan. Jenis makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Berikut jenis buah yang bisa membantu mencerahkan gigi secara alami:

 

Penyebab Gigi Kuning

Secara umum, gigi kuning disebabkan karena faktor usia yang semakin bertambah. Semakin menua, maka lapisan enamel di gigi yang membuat warna gigi menjadi putih akan semakin menipis. Hal ini yang menyebabkan lapisan dentin berubah warna menjadi kuning. Bahkan memiliki riwayat penyakit tertentu juga bisa menyebabkan gigi kuning.

Selain itu, gigi kuning juga bisa disebabkan karena faktor makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, memiliki zat pewarna dan zat asam, yang bisa membuat mengikis lapisan enamel dan membuat gigi tampak kuning.

Jarang melakukan perawatan gigi, seperti menggosok gigi, bisa menyebabkan penumpukan plak. Plak yang menempel digigi bisa menyebabkan banyak masalah pada gigi dan mulut, seperti gigi menguning dan banyak karang menempel.

Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Gigi Tidak Kuning

Gigi yang menguning karena faktor usia dan faktor memiliki riwayat penyakit, memang susah untuk dicegah dan dihindari. Tapi kamu bisa menjaga kondisi gigi tetap sehat dan cerah, dengan menghindari kebiasaan yang menyebabkan gigi kuning.

Agar gigi tetap cerah, lebih baik hindari terlalu mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Makanan dan minuman yang terlalu manis juga harus dihindari, karena bisa menyebabkan gigi kuning dan memicu munculnya karang gigi.

Bahkan terlalu sering berkumur juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning, karena enamel gigi terkikis dan bibir kering akibat bahan kimia dalam obat kumur. Untuk itu berkumurlah di malam hari atau setelah menyikat gigi.

Buah yang Bisa Mencerahkan Gigi

1. Apel

Jenis buah pertama yang membantu mencerahkan gigi adalah buah apel. Dengan menggigit dan mengunyah buah apel, kandungan serat, asam alami dan senyawa astrigen bisa membantu membersihkan gigi dan mencerahkan gigi.

2. Stroberi

Storberi adalah buah yang kaya akan asam malat, vitamin C dan antioksidan yang bisa mencerahkan gigi kuning secara alami. Selain itu, kandungan stroberi juga bisa membantu meningkatkan produksi air liut, mencegah sariawan, membuat nafas lebih segar dan mencegah gusi berdarah.

3. Jeruk

Buah jeruk termasuk buah yang kaya vitamin C. Mengonsumsi buah jeruk bisa membantu mencerahkan gigi dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tak hanya dagingnya saja, kulit buah jeruk yang dihaluskan setelah dikeringkan, bisa dicampurkan dengan air hangat sebagai pasta gigi alami, untuk mencerahkan gigi menguning.

4. Pisang

Sama seperti jeruk, kulit pisang juga bisa membantu mencerahkan gigi yang kuning. Karena kulit pisang memiliki kandungan potasium dan magnesium. Untuk mendapatkan gigi cerah secara alami, gosoklah gigimu menggunakan bagian dalam kulit pisang setiap hari.

5. Nanas

Jenis buah yang terakhir adalah buah nanas. Kandungan di dalam nanas ini memiliki fungsi sebagai antibakterial, yang bisa membunuh bakteri yang menempel di gigi dan mulut, meningkatkan produksi air liur agar mulut tidak kering, serta mencerahkan gigi yang menguning.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading