Sukses

Parenting

3 Tips Menyikat Gigi untuk Anak Usia 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Gigi anak-anak mulai tumbuh sejak umur 6 bulan. Sehingga Mom sudah mulai memberikan MPASI atau makanan pendamping ASI. Saat usia 1 tahun, gigi anak mulai tumbuh dengan lengkap, dan semakin banyak makanan yang dikonsumsi anak.

Karena gigi mulai tumbuh, maka Sahabat Fimela harus rajin menyikat gigi anak. Sikat gigi harus dilakukan secara rutin, agar gigi anak tetap sehat dan terhindar dari masalah gigi. Biasanya anak-anak akan mengalami masalah seperti gigi berlubang, gigi patah, peradangan gigi hingga sariawan.

Saat menyikat gigi anak di umur 1 tahun, Sahabat Fimela harus sangat sabar, karena biasanya anak susah untuk membuka mulut dan tidak suka giginya disikat. Untuk itu, berikut tips menyikat gigi untuk anak usia 1 tahun:

Tips Menyikat Gigi untuk Anak Usia 1 Tahun

1. Gunakan Sikat Gigi Khusus

Tips pertama menyikat gigi anak yaitu menggunakan sikat gigi khusus anak. Ada berbagai macam sikat gigi khusus anak yang memiliki bentuk yang lucu, seperti karakter kartun. Memilih sikat gigi khusus anak ini, bisa membuat anak lebih tertarik untuk menyikat gigi dengan sikat gigi favoritnya.

2. Pilih Pasta Gigi dengan Rasa Buah

Pasta gigi yang digunakan untuk anak dan dewasa sangat berbeda. Biasanya pasta gigi yang digunakan untuk anak usia 1 tahun, memiliki rasa buah-buahan seperti jeruk atau stroberi. Bahkan pada beberapa kemasan produk pasta gigi terdapat gambar tokoh kartun anak-anak, yang membuat anak-anak tertarik untuk menyikat gigi.

3. Menyikat Gigi dengan Pelan

Karena gigi anak usia 1 tahun masih dalam masa pertumbuhan, usahakan untuk menyikat gigi dengan pelan-pelan dan perlahan, agar tidak melukai gusi anak dan membuat anak jadi mual. Sikatlah gigi anak selama 2 hingga 3 menit setiap pagi dan malam, atau setelah anak makan makanan yang manis.

Cara Memilih Pasta Gigi yang Aman

Memilih pasta gigi untuk anak usia 1 tahun harus lebih teliti, daripada memilih pasta gigi untuk orang dewasa. Karena anak usia 1 tahun belum terlalu bisa berkumur, yang membuat pasta gigi akan mudah tertelan. Pasta gigi yang aman digunakan untuk anak usia 1 tahun adalah pasta gigi yang tidak mengandung flouride.

Walaupun flouride bisa membantu membunuh bakteri pada gusi dan mulut, serta bisa mencegah gigi berlubang, tetapi anak usia 1 tahun masih susah untuk berkumur. Jika flouride yang tertelan terlalu banyak, bisa menyebabkan sakit perut, diare, mual dan muntah. Selain itu, hindari menggunakan pasta gigi yang mengandung silika atau calcium carbonate, yang merupakan deterjen pemutih gigi dan sifatnya abrasif.

Karena enamel gigi anak masih tipis, kandungan tersebut bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan gangguan gigi serta gusi. Mom bisa memilih pasta gigi khusus untuk anak-anak, yang aman digunakan untuk membersihkan gigi dari bakteri. Biasanya pasta gigi yang digunakan untuk anak-anak memiliki rasa buah-buahan seperti jeruk, stroberi atau mix fruit, yang tidak pahit saat digunakan anak-anak.

Tips Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Pemilihan sikat gigi juga harus diperhatikan untuk menyikat gigi anak usia 1 tahun. Usahakan untuk memilih sikat gigi yang bulunya lembut, dengan permukaan bulu sikat gigi yang rata, agar tidak melukai gusi anak yang sensitif.

Sikat gigi yang bisa digunakan untuk anak usia 1 tahun, memiliki bentuk yang ujungnya bulat, panjang, ramping dan memiliki sisi karet. Bentuk ini aman digunakan untuk anak-anak, karena tidak licin saat digunakan dan bisa masuk ke dalam mulut anak yang susah untuk dibuka.

Supaya anak lebih tertarik untuk menyikat gigi, pilihlah sikat gigi yang gagangnya berbentuk tokoh kartun, boneka atau mobil-mobilan. Bahkan ada beberapa sikat gigi modern, yang bisa menyala dan mengeluarkan bunyi di bagian gagangnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading