Sukses

Health

9 Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Tinggi yang Harus Segera Disadari

Fimela.com, Jakarta Asam urat adalah sebuah penyakit yang biasanya dialami orang dewasa, saat memasuki usia mulai 30tahunan. Penyakit asam urat ini juga sering dialami oleh lelaki daripada perempuan. Asam urat ditandai dengan gejala nyeri, pembengkakan pada area persendian, dan sendi terasa sangat panas. Sendi yang paling berisiko terkena asam urat adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Kolesterol adalah senyawa lemak yang penting untuk tubuh. Namun kolesterol yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, mengarah pada penyakit jantung koroner. Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat memengaruhi kadar kolesterol seseorang.

Seseorang yang mengalami asam urat, akan merasakan gejala selama kurang lebih 3 hingga 10 hari. Sedangkan gejala kolesterol terkadang tidak terasa dan jarang disadari. Berikut penyebab asam urat dan kolesterol tinggi:

Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

1. Memiliki Riwayat Penyakit

Penyebab asam urat dan kolesterol yang pertama adalah memiliki riwayat penyakit tertentu. Kondisi medis ini menyebabkan ginjal kesusahan menyaring asam urat di dalam tubuh, sehingga asam urat dan lemak jahat meningkat di dalam tubuh. Penyakit yang bisa menyebabkan asam urat tinggi dan kolesterol adalah gagal ginjal, diabetes, psoriasis arthritis, sleep apnea, penyakit jantung, hipotiroidisme, hipertensi, dan kanker.

2. Mengalami Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu hal yang harus disadari, karena bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol tinggi. Orang yang mengalami obesitas, akan memproduksi insulin lebih banyak di dalam tubuh, yang membuat asam urat meningkat dan mengkristal di area persendian. Hal ini juga disebabkan karena ginjal tidak berfungsi dengan baik, saat mengalami obesitas.

3. Tubuh Dehidrasi

Asam urat dan kolesterol bisa disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Agar tubuh tidak dehidrasi, lebih baik konsumsi cairan sesuai dengan kebutuhan harian tubuhmu. Seperti mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Mengonsumsi cairan bisa membuat buang air kecil menjadi lancar, dan asam urat terbuang melalui urine, dan kolesterol terbuang dari feses.

Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

4. Mengalami Cedera Persendian

Penyebab asam urat dan kolesterol yang selanjutnya, yaitu disebabkan karena pernah mengalami cedera pada area persendian. Asam urat juga bisa disebabkan karena seseorang baru saja melakukan operasi. Serangan asam urat ini berbentuk kristal di area persendian, sehingga sendi terasa sangat nyeri.

5. Jarang Berolahraga

Jarang melakukan olahraga secara rutin, juga bisa meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Bahkan akan membuat asam urat mengkristal di area persendian, dan kolesterol menjadi plak di arteri. Jarang olahraga juga membuat seseorang menjadi obesitas. Untuk itu, lakukan olahraga secara rutin untuk menurunkan berat badan, melatih kekuatan persendian, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melenturkan otot, dan melancarkan sistem peredaran darah.

6. Konsumsi Obat-Obatan

Asam urat dan kolesterol dapat meningkat akibat sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Obat diuretik bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol meningkat di dalam tubuh. Karena orang yang mengonsumsi obat diuretik akan lebih sering buang air dan membuat tubuh dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, sistem kerja ginjal untuk membuang asam urat dan kolesterol akan terhambat.

Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

7. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tinggi Purin

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman tinggi purin, bisa menyebabkan seseorang menjadi asam urat. Asupan purin yang masuk ke dalam tubuh, bisa membuat asam urat meningkat, lemak jahat atau kolesterol meningkat dan membentuk kristal asam urat di area persendian. Makanan dan minuman yang tinggi purin adalah alkohol, gula tambahan, bayam, asparagus, daging merah, dan makanan laut.

8. Faktor Bertambahnya Usia

Karena usia bertambah, asam urat dan kolesterol bisa meningkat di dalam tubuh. Biasanya seorang lelaki berumur 30 hingga 50 tahun, sangat rentan terkena penyakit asam urat dan kolesterol ini. Sedangkan kadar asam urat dan kolesterol pada perempuan lebih rendah dari pada lelaki, sehingga perempuan rentan terkena asam urat dan kolesterol saat pasca menapouse.

9. Faktor Keturunan

Penyebab asam urat dan kolesterol yang terakhir, yaitu disebabkan karena keturunan gnetika dari keluarga. Asam urat bisa dialami oleh seseorang, jika dalam keluarganya ada yang memiliki penyakit khusus yang berisiko terkena asam urat dan kolesterol. Kalau kamu memiliki keturunan asam urat dan kolesterol, lebih baik segera sadari dan kontrol ke dokter, agar kondisi asam urat dan kolesterol tidak semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading