Sukses

Health

5 Penyebab Wasir dan Gejala yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Susah buang air besar adalah salah satu ciri-ciri terkena penyakit ambeien atau wasir. Penyakit wasir ini menyerang pada bagian anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan di area anus yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah vena.

Kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya kesakitan saat buang air besar. Namun kondisi ini tidak berbahaya dan tidak menular ke orang lain. Kondisi ini sangat umum terjadi dan bisa mengenai siapa saja. Tapi penyakit wasir paling umum menyerang ibu hamil, pemilik diare kronis dan sembelit.

Penyakit hemoroid atau wasir ini, terbagi menjadi dua jenis yaitu internal hemorrhoid, dengan benjolan berada di dalam saluran rektum, yang menyebabkan feses yang berdarah tetapi tidak sakit. Jenis yang kedua adalah external hemorrhoid, dengan benjolan berada di luar anus, disertai dengan gatal atau nyeri. Penyakit wasir bisa disebabkan karena beberapa fakor, dengan gejala yang harus segera diwaspadai. Berikut beberapa penyebab wasir dan gejalanya, dilansir dari beberapa sumber:

 

Penyebab Wasir

1. Terlalu Mengejan Saat BAB

Penyebab wasir adalah terlalu kuat mengejan saat buang air besar. Seseorang yang mengejan terlalu kuat, bisa membuat pembuluh darah disekitar anus merenggang. Karena terlalu keras saat mengejan, kemudian memicu munculnya benjolan di sekitar anus.

2. Kurang Makan Makanan Berserat

Penyebab wasir yang selanjutnya, yaitu kurang mengonsumsi makanan yang berserat. Makanan yang berserat bisa mmbantu melancarkan sistem pencernaan. Jika tidak mengonsumsi makanan berserat, feses akan lebih mengeras dan kering, sehingga akan susah saat buang air besar dan sakit saat menuju anus.

3. Tubuh Dehidrasi

Tubuh yang dehidrasi atau kurang mengonsumsi cairan adalah penyebab wasir. Tubuh yang dehidrasi bisa membuat feses mengeras dan kering, apalagi jika terlalu sering mengonsumsi alkohol dan kopi. Untuk mencegah tubuh dehidrasi, konsumsilah air putih minimal 2liter sehari atau setara dengan 8 gelas perharinya.

4. Terlalu Sering Duduk dalam Jangka Waktu Lama

Walaupun terlihat sepele, ternyata duduk terlalu lama juga sering menjadi penyebab penyakit ambeien atau wasir. Duduk terlalu lama membuat peredaran pembuluh darah vena menjadi tidak lancar. Hal ini bisa memicu munculnya benjolan wasir di area anus, dan membuat sakit saat buang air besar.

5. Masa Kehamilan

Penyebab wasir yang terakhir adalah pada masa kehamilan. Penyakit wasir ini sangat umum terjadi pada ibu hamil, saat usia kandungannya semakin membesar. Hal ini disebabkan karena tekanan pada rahimnya semakin kuat, yang menekan pembuluh darah vena dan menyebabkan benjolan di area anus.

Gejala Wasir

Penyakit wasir memang sangat wajar dirasakan oleh ibu hamil, orang yang memiliki riwayat penyakit khusus, dan saat usia semakin bertambah. Hal ini disebabkan karena adanya penekanan pada area rektum. Ppembuluh darah vena akan membengkak saat terjadi wasir, dan memicu munculnya benjolan di area anus.

Saat seseorang mengalami penyakit wasir, biasanya akan memiliki gejala seperti susah buang air besar. Sebagian orang juga mengalami BAB yang mengeluarkan darah. Bahkan disertai bagian anus terasa nyeri atau sakit, dan tekstur feses menjadi lebih kering dan keras.

Selain itu, gejala yang sering dirasakan seseorang yang memiliki ambeien adalah merasakan gatal dan iritasi di area rektum. Sebaiknya jangan digaruk saat merasakan gatal, karena bisa menyebabkan ruam di area anus. Pada area anus akan terasa sangat sakit saat duduk, yang disebabkan karena benjolan pada anus, dan beberapa gejala lainnya.

Cara Mengatasi Penyakit Wasir

Sebenarnya penyakit wasir adalah penyakit yang serius. Jika gejalanya tidak segera disadari dan diwaspadai, maka penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi penyakit, yang membahayakan untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika sedang dalam masa kehamilan.

Cara mengatasi penyakit wasir pada umumnya, adalah mengonsumi makanan yang mengandung serat. Jangan lupa untuk rajin mengonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi. Usahakan untuk tidak mengangkat barang yang terlalu berat, karena akan menyebabkan wasir. Rajin berolahraga bisa membantu mengatasi wasir, karena bisa melancarkan sistem pencernaan. Sahabat Fimela juga bisa mengonsumsi obat atau suplemen untuk melunakkan feses.

Penyakit wasir juga bisa diatasi dengan melakukan operasi pengangkatan benjolan, yang disebut dengan hemoroidektomi. Kamu juga bisa mengatasinya dengan melakukan teknik koagulasi menggunakan sinar laser atau inframerah, suntikan untuk mengecilkan jaringan ambeien, ligasi pita karet, dan trombektomi ambeien eksternal. Pastikan untuk mengonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakitmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading