Sukses

Lifestyle

5 Bahan Alami yang Ampuh Sembuhkan Wasir

Fimela.com, Jakarta Kurang makan sayur dan juga buah-buahan pasti membuat kamu sulit buang air besar. Selain sulit dan keras, kadang membuat bokong terasa perih dan bahkan juga sakit. Nah, salah satu hal yang menyebabkan sulit buang air besar adalah adanya wasir. Dilansir dari AloDokter wasir merupakan pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. 

Pembuluh darah ini berada di dalam anus atau rektum. Nah, kalau dipikir-pikir, wasir itu mungkin mirip dengan varises. Cuma, ini terjadi di dalam anus. 

Salah satu gejala varises selain sulit buang air besar adalah adanya sedikit daging yang menonjol keluar dari dalm anus. Kalau sudah parah, saat buang air besar akan keluar darah. Selain darah, juga ada lendir setelah buang air besar. 

6 Tips Mencegah Wasir

Selain sulit buang air besar, wasir yang sudah parah juga bisa membuat si penderita merasa kesakitan. Terutama pada saat duduk dan saat buang air besar. Dokter biasanya akan melakukan operasi dengan membuang benjolan yang menonjol keluar. Namun, dilansir dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa tanaman dan bahan herbal yang ampuh mengobati wasir. 

Cuka Apel

Ternyata cuci muka dengan cuka apel dapat memberikan manfaat yang banyak terhadap kulit wajah. Berikut di antaranya. (iStockphoto)

Rendam kapas ke dalam air cuka apel. Lalu, oleskan kapas itu perlahan ke anus dan juga daging yang menonjol keluar. Lakukan hal ini sesering mungkin hingga peradagangan menghilang. Atau, kamu juga bisa mencampur cuka apel dengan air dan menggunakannya untuk membersihkan bagian anus usai buang air besar. 

 

Lidah Buaya

2. Aloe Vera (lidah buaya). Foto: WittyFeed

Gel atau getah lidah buaya bisa melemaskan pembuluh darah yang sedang meradang. Caranya, dengan mengoleskan getah lidah buaya ke anus. 

Bawang Putih

Manfaat Mengejutkan dari Bawang Putih. (Bintang: greatindianblog.com)

Bawang putih mengandung asam amino, mineral dan enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Kesemuanya itu berkhasiat untuk meredakan peradangan pembuluh darah sekaligus mengempiskan wasir yang meradang. Caranya, dengan potong bawang putih dan oleskan pada wasir. 

Kulit Pohon Ek

Wasir Diwaspadai atau Didiamkan?

Mungkin kulit pohon ek ini agak sulit dicari. Tapai kalau kamu dapat, kamu bisa menggunakannya sebagai obat wasir. Caranya dengan merebus atau mengkukus kulit pohon ek putih. Cairannya bisa kamu oleskan pada wasir. Kulit pohon ek berkhasiat lantaran mengandung antiseptik, tonik, dan hemostatik. 

Akar Batu

Wasir Stadium 3

Akar batu atau collinsonia canadensis merupakan tanaman akar yang bisa mengurangi pembengkakan pembuluh darah pada wasir. Karena mengandung zat diuretik, antioksidan, antispasmodic, astringent, tonik dan sifat sedatif. Cara menggunakannya, rebus akar batu dan ambil ekstraknya. Kemudian oleskan pada wasir. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading