Sukses

Lifestyle

4 Macam Gangguan Perut Ini Jadi Tanda Penyakit Ganas

Fimela.com, Jakarta Masalah pada perut sepertinya sudah menjadi penyakit yang paling sering. Baik itu perut kembung, sakit perut melilit, mulas, atau juga sakit perih pada lambung. Belum lagi kalau perut yang terasa sangat kencang karena terlalu banyak gas di dalamnya.

Berbagai masalah perut ini sepertinya memang sepele. Kadang, kamu bahkan nggak perlu obat dan rasa sakit akan hilang begitu saja. Atau, kamu cuma butuh obat herbal yang akan meredakan sakit. 

Atau, kamu cuma membutuhkan obat biasa yang tersedia di warung. Sayangnya, nggak semua rasa sakit itu aman, girls. Kamu pernah mendengar, kan, banyak banget orang yang pada awalnya memiliki gejala ringan, namun karena terus dibiarkan, akhirnya menjadi penyakit serius. 

Ilsutrasi sakit perut | Sumber Foto: selfcarer

Ini jadi bukti kalau nggak semua rasa sakit pada perut cuma sekadar sakit biasa, girls. Karena, menurut Women's Health Magazine, ada beberapa rasa sakit pada perut yang justru jadi tanda adanya penyakit serius. Supaya kamu bisa mengantisipasinya, simak pembahasan berikut ini.

Mulas

Sepertinya semua orang di dunia ini pernah mengalami rasa mulas. Kalau bukan tanda ingin buang air besar, bisa jadi pertanda kalau kamu kaum Hawa, akan mendapat haid sebentar lagi. Tapi, ternyata mulas ini bisa jadi pertanda penyakit serius, girls. The National Institutes of Health (NIH) mengatakan, mulas juga bisa jadi tanda gastroesophageal reflux disease (GERD). 

Ilustrasi mulas | Sumber Foto: Health/Info Sehat

GERD merupakan sebuah kondisi dimana asam almbung menyebabkan inflamasi dan mengarah pada esophagus (kerongkongan). Ya, dari sakit perut, ternyata bisa lari ke kerongkongan, girls. Mulas ini juga bisa mengakibatkan komplikasi lain seperti maag, atau juga asma. 

Sakit Perut 

Ilustrasi sakit perut. (via. Ask Doctor)

Sakit perut bagian bawah buat perempuan bisa jadi tanda kalau haid akan datang. Tapi, kalau sakit perut pada bagian atas ternyata bisa saja mengindikasikan adanya gangguan pada liver. Iya, soalnya, posisi liver itu nggak jauh dari peerut bagian atas, girls. Makanya, kamu harus hati-hati dan selalu merawat tubuhmu dengan hidup sehat. 

Sembelit

Photo: Huffingtonpost.ca

Nggak semua orang buang air besar setiap pagi. Ada banyak orang yang buang air besar dua hari sekali. Bahkan ada yang lebih parah. Sembelit ini memang dikenal banyak orang sebagai penyakit biasa yang diakibatkan karena kurang minum dan makan sayur serta buah. Tapi, ternyata sembelit juga merupakan salah satu tanda berbagai penyakit seperti gangguan kelenjar tiroid. 

Diare

Salah satu masalah pencernaan yang bikin kamu repot bolak-balik ke kamar mandi ini memang sangat menyusahkan. Selain capek dan pantat terasa panas, diare juga menyebabkan tubuh lemas. Soalnya, bersamaan dengan feses, cairan tubuh juga ikut terbuang. Makanya, nggak heran kalau banyak orang jadi dehidrasi karena diare yang nggak cepat ditangani. 

Jangan Makan Serat saat Diare, Mitos atau Fakta?

Tapi, yang lebih mengkhawatirkan, diare juga bisa menimbulkan efek samping lain. Diare berkepanjangan bisa bikin timbulnya infeksi yang tak sembuh-sembuh, penyakit celiac, dan bahkan kanker. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading