Sukses

Health

9 Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Naik yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Asam urat merupakan peradangan pada persendian, yang biasanya menyerang sendi kaki atau tangan. Asam urat disebabkan karena kadar zat uric acid terlalu banyak di dalam darah. Kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi penyakit.

Salah satu penyebab asam urat adalah salah mengonsumsi makanan. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita asam urat. Walaupun makanan tersebut menyehatkan dan memiliki kandungan gizi yang seimbang.

Tingginya asam urat bisa menyebabkan penyakit fatal dan dapat menghilangkan nyawa seseorang, karena mengalami gagal jantung. Kadar asam urat yang tinggi, bisa mengganggu sistem organ ginjal dan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Agar terhindar penyakit asam urat dan kolesterol naik, berikut makanan penyebab asam urat dan kolesterol naik yang harus dihindari:

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Naik

1. Daging

Makanan penyebab asam urat dan kolesterol naik yang pertama adalah daging merah, seperti daging sapi dan kambing, serta daging putih seperti daging bebek atau burung puyuh. Apalagi jika daging tersebut diolah menjadi makanan seperti sosis, nugget dan kornet. Karena daging yang diolah ini memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, yang menyebabkan asam urat dan kadar kolesterol jahat menumpuk.

2. Makanan Laut

Makanan laut atau seafood seperti lobster, ikan sarden, kerang dan kepiting serta udang, harus dihindari kalau kamu memiliki asam urat dan kolesterol yang tinggi. Makanan laut memiliki kandungan yang tinggi protein dan lemak jenuh, yang bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol. Kalau kamu ingin mengonsumsi makanan laut, konsumsilah ikan salmon atau ikan tuna yang aman untuk penderita asam urat dan kolesterol.

3. Makanan yang Mengandung Gula Tambahan

Agar terhindar dari penyakit asam urat dan kolesterol, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gula tambahan. Karena kandungan gula yang tinggi dalam suatu makanan, bisa menyebabkan kadar insulin, asam urat dan kolesterol meningkat. Selain makanan manis, kamu juga bisa menghindari minuman manis dengan gula tambahan seperti alkohol dan soda.

 

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Naik

4. Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab asam urat dan kolesterol naik yang selanjutnya, yaitu makanan cepat saji atau fast food. Makanan cepat saji ini digoreng menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh. Sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol, asam urat dan membuat sistem pencernaan menjadi tidak lancar.

5. Jamur

Jamur termasuk makanan yang bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol. Karena jamur memiliki kandungan purin yang tinggi, yang membuat kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh naik. Jika ingin mengonsumsi jamur, lebih baik konsumsi sedikit saja. Karena dalam 100gram jamur terdapat 12-17gram purin.

6. Tape Ketan

Tape ketan adalah makanan fermentasi, sehingga tape ketan ini memiliki kandungan alkohol yang bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol. Selain asam urat dan kolesterol, terlalu banyak mengonsumsi tape ketan juga bisa meningkatkan kadar insulin. Kandungan dalam tape ketan sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Naik

7. Buah Nangka

Walaupun memiliki rasa yang enak, dan sering diolah jadi berbagai macam masakan, tetapi buah nangka harus dihindari orang yang memiliki asam urat dan kolesterol. Buah nangka juga berbahaya jika dikonsumsi penderita gagal ginjal. Terlalu banyak mengonsumsi buah nangka dapat menyebabkan seseorang mengalami hiperkalemia.

8. Kacang-Kacangan

Seseorang yang memiliki asam urat dan kolesterol juga harus menghindari kacang-kacangan, seperti kacang tanah dan kacang kedelai. Olahan dari kacang-kacangan juga sebaiknya dihindari. Kalau kamu ingin mengonsumsi kacang-kacangan, sebaiknya konsumsi kacang almond, kacang kenari atau kacang mete, yang baik untuk asam urat dan kolesterol.

9. Jeroan

Makanan penyebab asam urat dan kolesterol naik yang terakhir yaitu jeroan. Jeroan adalah bagian dalam tubuh hewan seperti hati, ampela, usus, babat, limpa, otak dan lain sebagainya. Karena mengandung lemak jahat dan bisa meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading