Sukses

Health

4 SOP Wajib Jika Berobat ke Malaysia di Tengah Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 masih terjadi di seluruh dunia mengharuskan kan kita untuk tetap di rumah. Meski begitu, jika ingin mendapatkan pengobatan di Malaysia masih diperbolehkan.

Farah Delah, selaku Direktur Indonesia Market, Malaysia Healthcare Travel Council mengatakan walau boarding Malaysia masih tutup, namun jika ingin berobat ke Malayasia masih dibuka dengan mengikuti SOP.

"Malaysia dan Indonesia mempunyai jalinan hubungan bilateral yang kukuh, khususnya menerusi industri pelancongan kesihatan di mana Malaysia telah menerima ramai pasien dari Indonesia,"jelas Farah dalam virtual konfersi pers Malaysia Healthcare Rilis Jingle dan Webinar Gratis Selama 3 Hari.

Ada empat SOP yang wajib diikuti seperti:

SOP Kedatangan Wisatawan Medis ke Malaysia(Berlaku mulai 13 September 2021)

1. Kedatangan WNI ke Malaysia saat ini bisa menggunakan pesawat komersial ataupun ferry komersial

2. Pasien yang masuk ke Malaysia untuk tujuan berobat harus mendapatkan Entry Approval Letter

dari Malaysia Healthcare Travel Council3. Pasien yang datang harus menunjukan hasil tes PCR negatif

4. Saat ketibaan, dapat karantina dihotel (khusus pernyakit tertentu seperti Bayi Tabung, Mata, Gigi dan tergantung approval dokter yang merawat)

"Pasien dari Indonesia saat ini sudah bisa memasuki Malaysia untuk berobat menggunakan pesawat komersial terhitung dari tanggal 13 September 2021,” tambahnya.

Farah juga menyampaikan jika diperlukan isolasi selama dua minggu, namun pasien akan tetap terjaga. Perwakilan Malaysia Healthcare juga bisa membantu memberitahu rumah sakit yang dituju hingga bagaimana protokol kesehatannya.

"Sebelum pandemi kami ada paket wisata kesehatan, namun saat pandemi hanya bisa berobat tidak bisa jalan-jalan. Saat ini pasein dari Indonesia terbanyak dari Sumatera karena memang dekat," paparnya.

Webinar Gratis

Namun jika belum bisa terbang ke Malaysia, Malaysia Healthcare akan menggelar acara webinar bertema kesehatan “Malaysia Healthcare Virtual Week 2021 – Lebih Dekat Lebih Terjangkau” yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari pada 10, 11, dan 12 September 2021.

Acara webinar yang dikhususkan bagi masyarakat Indonesia ini sekaligus akan menjadi acara perilisan Jingle Malaysia Healthcare untuk pasar Indonesia, acara ini dihadiri oleh narasumber dari dokter spesialis dan para pakar kesehatan dari Rumah Sakit di Malaysia diantaranya dr. Amir Shah (Sp. Onkologi & Radioterapi) dari Gleneagles Hospital Penang, dr. Ivan Shew Yee Siang (Sp. Onkologi) dari Sunway Medical Centre, dr. Eeeson Sinthamoney (Sp. Fertilitas) dari Sunfert International Fertility Centre.

Encik Mohd Daud Mohd Arif selaku Chief Executive Officer di Malaysia Healthcare Travel Council mengatakan, melalui acara ini diharapkan dapat terus terhubung dengan masyarakat Indonesia walaupun pandemi seperti ini.

"Selama 3 hari, “Malaysia Healthcare Virtual Week 2021 menghadirkan 14 Rumah Sakit yang akan berpartisipasi, dokter spesialis dan para pakar Kesehatan akan memberikan webinar dengan tema-tema yang menarik, peserta bisa mengikutinya secara gratis dari platform Zoom," tutur Daud.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading