Sukses

Lifestyle

Hanya Lulusan SD, Pria Malaysia Sukses Berkat Ternak Sapi dengan Omzet Miliaran

Fimela.com, Jakarta Seorang pria asal Malaysia, Saipol Azmir Zainuddin merupakan peternak sapi sukses yang memiliki keuntungan lebih dari Rp 1 miliar per bulan.

Kesukseskan yang didapatkan setelah dirinya memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Saipol hanya lulusan Sekolah Dasar, ia lebih memilih menjadi seorang peternakan yang sukses.

"Meski saya tidak melanjutkan sekolah seperti halnya teman-teman, itu tidak mematahkan semangat. Saya selalu bermimpi bisa menjadi peternak sukses," kata Saipol dilansir dari worldofbuzz.com.

Setelah keluar sekolah dan memiliki tujuan hidupnya, Saipol mulai bekerja sebagai pekerja konstruksi. Dari pekerjaanya tersebut, ia menerima gaji 750 ringgit atau sekitar Rp2.7 juta.

Gaji yang ia dapatkan pun tak langsung ia habis untuk berfoya-foya, melainkan sesuai dengan niatnya menjadi peternak, Saipol memilih membeli sapi.

Setiap bulan dari gaji yang ia dapatkan, disisihkan untuk membeli seekor sapi. Hal ini ia lakukan hingga usianya 18 tahun.

"Saat usia saya menginjak 18 tahun, saya sudah memiliki 300 ekor sapi. Waktu itulah saya dan ayah saya mengembangbiakkan sapi-sapi tersebut dan menjualnya ke penduduk setempat. Keuntungan yang didapat selalu saya simpan karena saya ingin suatu hari nanti bisa memiliki peternakan sendiri," ujar Saipol.

Hasil dari kerja kerasnya

Setelah secara bertahap membeli sapi, di usia 19 tahun Saipol pun mewujudkan mimpinya dengan memiliki peternakan sendiri.

Di usianya yang masih terbilang muda, ia memiliki finansial yang mencukupi hingga mampu membeli rumah dan mobil. Memperluas bisnisnya, Saipol meminjam dana tambahan dari Koperasi Petani di Malaysia.

Berkat bantuan dana dari koperasi dan pemerintah, Saipol melebarkan bisnisnya ke seluruh penjuru negeri. Hanya dalam beberapa tahun beternak, Saipol membeli lahan seluas 0,8 hektare untuk digunakan sebagai peternakan.

Di usianya yang menginjak 33 tahun, Saipol sudah memiliki 700 ekor sapi, 150 kambing dan 30 kerbau.

Tahun 2017, Saipol berhasil mengantongi pendapatan 1 juta ringgit atau Rp 3,6 miliar. Ia juga bersedia mengajarkan anak muda yang tertarik mengikuti langkahnya untuk sukses menjadi seorang pebisnis dan peternak.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading