Sukses

Health

7 Penyebab Rambut Ubanan yang Muncul Saat Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Uban adalah rambut berwarna putih yang biasanya dialami seseorang yang sudah lanjut usia. Di dalam folikel rambut, terdapat sel pigmen yang bisa memberikan warna pada rambut. Rambut ubanan bisa membuat seorang remaja menjadi tidak percaya diri.

Sel pigmen ini akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia, yang terjadi secara alami dan membuat rambut berwarna keabu-abuan atau putih. Namun uban juga bisa muncul saat usia remaja dan muda. Hal ini biasanya disebabkan karena faktor keturunan.

Uban biasa muncul di rentan usia 30tahunan keatas bagi orang Asia, sedangkan untuk orang Afrika-Amerika bisa mengalami uban di usia 40tahunan keatas. Tetapi Sahabat Fimela tidak perlu khawatir saat mengalami rambut ubanan. Yuk kenali penyebab rambut ubanan yang sering terjadi diusia muda:

Penyebab Rambut Ubanan di Usia Muda

1. Faktor Keturunan

Penyebab rambut ubanan yang pertama adalah karena faktor keturunan. Jika diusia remaja atau muda kamu memiliki uban, biasanya kondisi ini disebabkan karena memiliki keturunan yang beruban sejak muda. Kemungkinan ayah atau ibu memiliki ubanan yang dialami sejak remaja.

2. Sering Menggunakan Bahan Kimia

Rambun beruban juga bisa disebabkan karena terlalu sering menggunakan bahan kimia, seperti cat rambut, obat pelurus rambut, obat pengering rambut, dan lain sebagainya. Bahkan sampo yang mengandung bahan kimia juga bisa merusak rambut, seperti bahan kimia hidrogen peroksida. Bahan kimia ini bisa merusak warna rambut dan membuat rambut beruban.

3. Kurang Vitamin B-12

Kekurangan vitamin B-12 bisa menyebabkan ubanan pada masa muda. Vitamin B-12 biasanya terdapat pada makanan, seperti ikan salmon, produk olahan susu, daging sapi, ikan sarden, dan lain sebagainya. Saat kekurangan vitamin B-12, tubuh bisa mengalami anemia penisiosa, karena sel darah merah yang membawa oksigen ke sel rambut terhambat. Jika peredaran darah terhambat, maka produksi melanin pada rambut menjadi berkurang.

Penyebab Rambut Ubanan di Usia Muda yang Selanjutnya

4. Stres

Ubanan pada usia muda juga bisa disebabkan karena pengaruh terlalu banyak pikiran, atau seseorang mengalami stres. Saat mengalami stres, pertumbuhan rambut menjadi terhambat dan memicu munculnya rambut berwarna putih keabu-abuan. Sebaiknya kelola pikiranmu dengan baik, tenangkan diri dan ambil waktu istirahat untuk menghindari stres.

5. Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, atau sel imunitas tubuh. Penyakit autoimun seperti penyakit alopecia dan vitiligo. Penyakit ini bisa merusak warna rambut dan hilangnya pigmen pada rambut.

6. Sindrom Werner

Sindrom Werner adalah kelainan genetika, yang bisa menyebabkan penuaan dini pada seseorang. Saat seseorang mengalami sindrom werner, maka rambut akan beruban walaupun masih berusia kurang dari 25 tahun. Bahkan rambut akan mengalami kerontokan dan kebotakan di usia muda.

7. Merokok

Merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut beruban. Racun yang terkandung di dalam rokok, bisa merusak bagian tubuh dan mengurangi aliran darah ke folikel rambut, sehingga rambut akan rusak, mudah rontok dan mengalami uban di usia muda.

Cara Mencegah Rambut Ubanan

Jangan khawatir kalau kamu memiliki uban saat masih muda. Karena munculnya uban bisa dicegah dan diatasi dengan cara alami, maupun mengonsumsi makanan yang bergizi. Asalkan Sahabat Fimela merawat rambut dengan rutin dan konsisten.

Agar uban tidak muncul di usia muda, sebaiknya konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral. Karena makanan yang mengandung vitamin dan mineral, bisa meningkatkan produksi sel rambut yang memberikan pigmen pada rambut. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin.

Uban juga bisa dicegah dengan menghindari penggunaan produk perawatan rambut yang berbahan kimia, berhenti merokok, dan menghindari terkena paparan sinar matahari. Sebaiknya gunakan produk rambut yang berbahan alami. Gunakan topi atau payung saat berada di luar ruangan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading