Sukses

Health

5 Penyebab Kedinginan Mendadak yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Saat tubuh mengalami kedinginan mendadak adalah suatu kondisi alami yang direspon oleh tubuh. Tubuh yang mengalami kedinginan ini bisa disebut dengan mengigil, yang terjadi saat suhu tubuh meningkat. Kondisi ini bisa disertai dengan demam atau tidak sama sekali.

Sebenarnya merasa kedinginan mendadak atau menggigil bukanlah sebuah penyakit. Namun menggigil bisa dijadikan sebagai tanda, kalau tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan dan harus segera diwaspadai.

Kedinginan mendadak ini bisa disebabkan karena berbagai macam penyebab. Kondisi ini bisa dialami segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Agar kondisinya tidak parah, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter dan kenali penyebabnya. Berikut penyebab kedinginan mendadak:

Penyebab Kedinginan Mendadak

1. Terkena Infeksi

Penyebab kedinginan mendadak yang pertama yaitu terkena infeksi seperti malaria, infeksi saluran kemih, meningitis, flu, radang tenggorokan, sinutitis, pneumonia, dan lain sebagainya. Saat tubuh terkena infeksi, tubuh akan bereaksi dengan kedinginan secara mendadak. Menggigil yang disebabkan infeksi ini, biasanya akan disertai dengan demam.

2. Sering Melakukan Olahraga Ekstrem

Tubuh bisa merasakan kedinginan mendadak, pada saat melakukan olahraga yang ekstrem atau intensitas tinggi. Karena tubuh melakukan di luar kebiasaan normal. Saat melakukan olahraga ekstrem ini, tubuh bisa merasakan merinding, kram otot, pusing, mual dan muntah.

3. Gangguan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang ada di dalam tubuh, yang berfungsi untuk mengatur hormon di metabolisme tubuh. Saat mengalami gangguan pada kelenjar tiroid, tubuh bisa merasakan kedinginan mendadak, kulit terasa kering, badan kaku, dan suasana hati bisa berubah-ubah.

4. Gula Darah Rendah

Gula darah rendah atau yang disebut dengan hipoglikemia, bisa membuat kondisi tubuh menjadi kedinginan mendadak. Bahkan kondisi ini bisa membuat tubuh terasa sangat lemah, mengeluarkan keringan berlebihan, hingga membuat seseorang pingsan.

 

 

5. Efek Samping Obat

Kedinginan mendadak juga bisa disebabkan karena efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu. Kondisi ini disebabkan karena tubuh bereaksi terhadap obat-obatan, dan obat tersebut memiliki dosis yang tidak sesuai dengan tubuh.

Cara Mencegah Kedinginan Mendadak

Tubuh bisa merasakan kedinginan secara mendadak pada saat merespon sesuatu, seperti suhu ekstrem, olahraga ekstrem, terinfeksi sesuatu, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah kondisi ini, kamu bisa menggunakan jaket yang tebal atau selimut. Apalagi jika sedang berada di luar ruangan, agar tubuh terhindar dari hipotermia. Jaga kebersihan lingkungan, agar tidak terjadi infeksi terhadap virus, bakteri dan kuman.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, dan juga minuman yang bisa menghangatkan tubuh saat menggigil. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, usahakan untuk mengimbangi pola hidup sehat dengan berolahraga.

Kapan Harus Berkonsultasi ke Dokter?

Kalau kamu sering mengalami kedinginan mendadak, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter, apalagi jika gejalanya disertai dengan mual, leher kaku, nyeri perut, sulit buang air kecil, dan sesak napas.

Untuk memastikan kondisi pasien, dokter akan melakukan beberapa tes diagnosa, seperti tes darah dan urine yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan virus, tes pemeriksaan dahak untuk deteksi gangguan saluran pernapasan, dan melakukan rontgen dada untuk melihat kondisi paru-paru.

Seseorang yang tidak segera memeriksakan diri ke dokter, bisa mengalami sakit komplikasi yang berbahaya untuk tubuh. Karena kedinginan mendadak ini bisa dijadikan sebagai pertanda penyakit serius.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading