Sukses

Health

Ketahui Tempat Penyebaran COVID-19 yang Paling Umum saat Ini

Fimela.com, Jakarta Penasaran aktivitas apa saja yang mungkin terkait dengan penularan COVID-19 yang lebih tinggi saat ini? Jenis tempat yang memiliki risiko terbesar penularan COVID-19 telah berubah dari waktu ke waktu, sebagian karena para ahli telah belajar lebih banyak tentang cara kerja virus dan sebagian karena virus itu sendiri telah berubah.

COVID-19 varian Delta 2 kali lebih menular daripada strain sebelumnya. Selain itu, sekarang banyak orang telah divaksinasi lengkap, yang berdampak pada penyebaran virus.

Orang yang telah divaksinasi lengkap tidak hanya lebih kecil kemungkinannya untuk dirawat di rumah sakit atau meninggal, mereka juga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menyebarkan virus. Simak beberapa tempat dengan risiko penularan tertinggi saat ini dan tempat-tempat yang penularannya tidak seburuk yang dipikirkan orang.

Tempat yang berisiko tinggi dalam penyebaran COVID-19 saat ini

1. Di dalam restoran dan bar

CDC menunjukkan hubungan antara makan di dalam ruangan dan peningkatan kasus COVID-19. Selama gelombang varian Delta, ada klaster terkait dengan restoran yang terjadi di berbagai negara.

Dan tentu saja risiko tertular COVID-19 saat kamu menikmati makanan di dalam ruangan sangat bergantung pada tingkat penularan dan vaksinasi lokal. Jika kamu makan di dalam ruangan, perhatikan kedua faktor tersebut, serta tempatmu duduk, hindari area yang ramai dan duduklah di dekat jendela atau pintu yang terbuka, jika memungkinkan.

2. Pertemuan kecil dan informal

Para ahli telah lama memperingatkan bahwa kumpul-kumpul kecil juga bisa mendorong penularan. Studi di tahun 2020 menemukan bahwa di daerah dengan penularan tinggi, rumah tangga yang baru saja mengadakan pesta ulang tahun memiliki risiko infeksi COVID-19 30% lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengadakan acara kumpul-kumpul.

Inilah mengapa CDC merekomendasikan agar pertemuan kecil diadakan di luar ruangan jika memungkinkan. Orang-orang yang tinggal di daerah dengan penularan tinggi, harus terus mengenakan masker.

3. Luar ruangan yang sangat ramai

Luar ruangan kurang berisiko daripada di dalam ruangan, tapi jika kondisinya ramai dan kamu menghabiskan banyak waktu dengan jarak dekat bersama orang lain, akan ada semakin banyak variabel yang berperan. Terlebih lagi, kamu tidak tahu status vaksinasi COVID-19 semua orang di sekitarmu.

 

Tempat yang berisiko rendah dalam penyebaran COVID-19 saat ini

1. Sekolah dengan aturan mengenakan masker

Penelitian telah menunjukkan bahwa sekolah bukanlah sumber utama penularan COVID-19. Bukti menunjukkan bahwa sekolah dengan aturan mengenakan masker berjalan dengan baik.

2. Kendaraan umum

Studi yang dilakukan pada tahun 2020 menemukan bahwa transportasi umum tampak tidak menjadi pendorong besar penularan COVID-19 dan penelitian juga menunjukkan bahwa itu meluas ke jenis transportasi kelompok lainnya, seperti bus sekolah. Semua ini sangat tergantung di mana kamu tinggal, buatlah keputusan dengan mengingat risiko dirimu sendiri.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Aturan Lengkap Perjalanan Internasional Lewat Jalur Darat untuk Cegah Varian Baru Covid-19 Omicron
Artikel Selanjutnya
Sederet Negara yang Telah Terdeteksi Omicron Varian Baru Covid-19, Ada Indonesia?