Sukses

Health

5 Bahaya Minum Teh Hijau Berlebihan, Bisa Tingkatkan Stres dan Kecemasan

Fimela.com, Jakarta Salah satu dari beragam jenis teh yang paling banyak di konsumsi di dunia adalah teh hijau. Betapa tidak, teh hijau memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang tidak melalui proses pengolahan yang panjang. Oleh karena itu, kandungan gizi di dalamnya bisa dipertahankan, seperti antioksidan dan polifenol.

Walau sangat sehat, pakar kesehatan menyarankan untuk membatasi konsumsi teh hijau hanya dua cangkir setiap hari. Jumlah maksimal yang boleh dikonsumsi adalah lima cangkir setiap hari.

Ketika mengonsumsi teh hijau dalam jumlah terlalu banyak sejumlah dampak kesehatan bakal kamu alami. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah dampak kesehatan yang bakal kamu alami ketika mengonsumsi terlalu banyak teh hijau

 

1. Palpitasi Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

Walau teh hijau memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari kopi, namun masih tetap bisa berefek ketika dikonsumsi dalam jumlah besar. Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan paltipasi jantung serta meningkatnya tekanan darah.

Efek samping ini bisa sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki masalah jantung. Oleh karena jika kamu memiliki hipertensi, masalah kardiovaskular, serta komplikasi masalah lain, sebaiknya batasi konsumsi teh hijau. 

2. Meningkatkan Stres dan Kecemasan

Secangkir teh hijau mungkin bisa menenangkan stres yang kamu alami. Walau begitu, konsumsi beberapa cangkir teh hijau justru malah bisa menimbulkan stres.

Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak kafein di pembuluh darah bisa memicu kelenjar adrenalin memproduksi hormon stres. Oleh karena itu, pembatasan konsumsi teh hijau ini penting untuk dilakukan.

3. Anemia

Teh hijau ketika dikonsumsi dalam jumlah besar bisa mengganggu penyerapan zat besi dari makanan. Lebih lanjut, hal ini bisa berujung pada munculnya anemia, masalah darah yang terjadi karena kurangnya sel darah merah.

Hal ini merupakan penyebab teh hijau tidak disarankan untuk langsung dikonsumsi setelah makan. Anemia bisa menyebabkan kamu merasa lelah, melayang, kulit pucat, tangan dan kaki dingin, nyeri di dada, napas pendek, serta meningkatnya detak jantung.

Sakit Perut dan Diare

Teh hijau juga memiliki kandungan tanin yang bisa menyusutkan sejumlah jaringan dalam tubuh. Terlalu banyak senyawa ini di dalam tubuh bisa menyebabkan mulut kering, mual, serta sakit perut.

Kandungan laksatif dari kafein ini juga bisa membuatmu mengalami diare jika mengonsumsinya terlalu banyak. Diare dan muntah yang terjadi berkali-kali bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa berbahaya.

Masalah Tidur

Kafein terlalu banyak dari teh hijau bisa membuatmu kesulitan untuk tertidur. Hal ini tentu bisa berujung masalah lain baik secara mental maupun fisik. 

Konsumsi teh hijau sebelum tidur juga bisa membuatmu ingin buang air kecil di malam hari. Hal ini bisa mengganggu tidurmu dan membuatmu kelelahan di pagi hari serta tidak dapat beraktivitas secara nyaman sesudahnya

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading