Sukses

Health

9 Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Asam urat adalah penyakit yang menyebabkan persendian terasa sangat nyeri dan bengkak. Penyakit ini bisa disebabkan karena berbagai macam faktor, seperti faktor keturunan, efek samping obat-obatan, memiliki riwayat penyakit kronis, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Sehingga berhati-hatilah dalam memilih makanan, agar tidak menyebabkan penyakit asam urat.

Sedangkan kolesterol adalah penyakit yang bisa membahayakan kesehatan jantung. Kolesterol juga bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Kolesterol bisa naik tanpa disertai dengan gejala khusus.

Kadar asam urat normal bagi laki-laki adalah 3,4 – 7,0 mg/dL, untuk perempuan dan anak-anak, normalnya berada di angka 2,4 – 6,0 mg/dL dan 2,0 – 5,5 mg/dL. Kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL dianggap normal untuk laki-laki maupun perempuan. Berikut makanan penyebab asam urat dan kolesterol:

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

1. Jeroan

Makanan penyebab asam urat dan kolesterol yang pertama adalah jeroan hewan. Jeroan terdiri dari otak, hati, usus limpa, jantung, paru dan ginjal. Makanan ini mengandung purin tinggi dan lemak jahat, yang menyebabkan peradangan asam urat dan kolesterol tinggi.

2. Udang

Udang adalah makanan laut yang mengandung purin tinggi dan lemak. Udang memiliki kandungan purin sekitar 9-10mg setiap 100gram. Terlalu banyak mengonsumsi udang bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol naik, sehingga menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, seperti jantung dan stroke.

3. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, daging domba, daging kambing, daging kerbau dan daging kuda, mengandung purin tinggi dan lemak jenuh. Makanan ini menyebabkan asam urat dan kolesterol. Selain itu, daging merah bisa menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko sakit jantung, dan risiko kanker tertentu.

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

4. Daging Ayam

Sama seperti daging merah, daging ayam juga bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol. Daging ayam yang memiliki kandungan purin dan lemak adalah bagian dada hingga kulit. Sebaiknya kurangi mengonsumsi daging ayam secara berlebihan, karena dalam 175 mg/100 gram mengandung zat purin.

5. Makanan Berlemak

Penyebab asam urat dan kolesterol yang selanjutnya adalah makanan yang tinggi lemak seperti gorengan, junk food, makanan instan, makanan olahan susu, makanan kaleng dan lain sebagainya. Makanan berlemak bisa meningkatkan berat badan, yang membuat asam urat dan kolesterol jahat susah untuk dihilangkan.

6. Sayuran

Walaupun sayuran menyehatkan, tetapi ada beberapa sayuran yang mengandung banyak purin, seperti kangkung, bayam, dan asparagus. Sayuran ini juga berbahaya menyebabkan kolesterol jika salah proses memasaknya. Sayuran hijau ini boleh dikonsumsi sesuai dengan takaran kebutuhan harianmu, agar tidak menyebabkan asam urat dan kolesterol.

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

7. Buah-Buahan

Asam urat dan kolesterol juga bisa disebabkan karena buah-buahan yang tinggi gula, seperti mangga, nanas, durian, dan nangka. Gula yang terkandung dalam buah-buahan ini, bisa meningkatkan kandungan purin dan lemak jenuh di dalam tubuh. Sebaiknya kurangi mengonsumsi buah-buahan yang tinggi akan gula.

8. Kacang-Kacangan

Kacangan-kacangan adalah makanan penyebab asam urat dan kolesterol. Walaupun kacang-kacangan mengandung protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan, tetapi hindari mengonsumsi kacang-kacangan jika memiliki asam urat dan kolesterol yang tinggi.

9. Makanan Tinggi Gula

Penyebab asam urat dan kolesterol yang terakhir adalah makanan yang tinggi gula. Karena gula bisa menyebabkan diabetes, meningkatkan kadar lemak jahat di dalam tubuh, dan meningkatkan kandungan purin di dalam tubuh. Selain makanan, minuman tinggi gula seperti alkohol dan soda juga harus dihindari, untuk mencegah komplikasi penyakit akibat asam urat dan kolesterol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading