Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Diabetes dan Kolesterol yang Wajib Dihindari

Fimela.com, Jakarta Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Sebenarnya tubuh memerlukan gula atau glukosa. Karena gula adalah sumber energi utama bagi sel tubuh.

Seseorang yang memiliki kadar gula darah berlebih, bisa terkena penyakit diabetes yang bisa membahayakan nyawa, dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Karena penyakit ini bisa mengganggu sistem kerja organ lainnya. Kadar gula tinggi di dalam tubuh ini disebabkan karena jarang berolahraga, mengalami obesitas, memiliki riwayat penyakit, faktor keturunan, dan mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Diebetes atau kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh, dapat dicegah sedini mungkin. Untuk mencegah penyakit diabetes, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan penyebab diabetes maupun kolesterol, melakukan olahraga, atur pola makan dengan baik, dan konsultasikan kesehatanmu secara rutin pada dokter. Berikut makanan penyebab diabetes dan kolesterol yang harus dihindari:

Makanan Penyebab Diabetes dan Kolesterol

1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Penyebab diabetes dan kolesterol yang pertama adalah makanan yang mengandung tinggi karbohidrat. Sebenarnya karbohidrat memiliki fungsi penting bagi tubuh, yaitu sebagai sumber energi untuk tubuh. Tetapi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, bisa meningkatkan risiko diabetes, seperti roti tawar, pasta, makaroni, biskuit, buah kalengan, permen, nasi putih dan lain sebagainya.

2. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh seperti susu tinggi lemak, keju olahan, mentega, selai kacang dan daging berlemak, harus dihindari orang yang memiliki diabetes dan kolesterol. Karena makanan tinggi lemak ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dan lemak jahat di dalam tubuh, yang memicu risiko diabetes dan penyakit jantung.

3. Daging Merah

Daging merah adalah sumber protein yang diperlukan oleh tubuh, tetapi terlalu banyak mengonsumsi daging merah bisa menyebabkan diabetes atau kolesterol. Apalagi jika mengondumsi daging merah yang sudah diproses, seperti sosis. Karena daging merah olahan ini memiliki kadar lemak yang tinggi, dan membuat tubuh kesulitan untuk mengolah kadar gula darah.

Makanan Penyebab Diabetes dan Kolesterol

4. Junk Food

Junk food adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Makanan ini harus dihindari karena bisa meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol di dalam tubuh, dan menyebabkan penyakit diabetes, stroke dan penyakit jantung. Sebagai contoh pizza. Dalam pizza terdapat beberapa bahan makanan olahan seperti sosis dan keju, yang mengandung lemak jenuh dan karbohidrat tinggi.

5. Buah Kalengan

Buah adalah makanan yang menyehatkan dan mengandung gizi lengkap. Tetapi hindarilah mengonsumsi buah yang terdapat dalam kemasan atau kalengan. Karena buah tersebut sudah diproses dan terdapat banyak kandungan gula di dalamnya. Selain buah kalengan, kamu juga bisa menghindari buah-buahan yang tinggi gula, seperti buah mangga, nanas, dan durian. Lebih baik konsumsi buah yang rendah gula seperti semangka atau apel.

6. Makanan Instan

Makanan instan juga harus dihindari orang yang memiliki riwayat diabetes dan kolesterol. Makanan instan ini memiliki kandungan gula yang tinggi dan penuh dengan lemak jenuh. Terlalu banyak mengonsumsi makanan instan bisa menyebabkan gangguan pencernaan, gagal jantung, diabetes, stroke dan kanker.

7. Minuman dengan Gula Tambahan

Selain menghindari makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak jenuh, sebaiknya juga hindari minuman yang mengandung gula tambahan seperti soda atau alkohol. Minuman ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes, dan kolesterol yang menyebabkan sakit jantung.

Gejala Diabetes

Diabetes terdiri dari dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Saat mengalami diabetes tipe 1, perkembangan penyakit ini akan dirasakan dengan cepat. Sedangkan diabetes tipe 2 bisa disadari dan dirasakan setelah bertahun-tahun.

Penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 ini ditandai dengan gejala sering merasakan haus, kelelahan, sering merasa lapar, memiliki luka yang susah sembuh, sering mengalami infeksi, pandangan menjadi kabur, dan berat badan berubah dengan drastis.

Beberapa orang yang terkena diabetes juga mengalami gejala bibir kering, gatal-gatal, disfungsi ereksi, kaki terasa kering, mengalami hipoglikemia reaktif, mudah tersinggung, sering mengantuk, dan muncul bercak hitam di area leher.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading