Sukses

Health

4 Penyebab Badan Pegal Semua yang Patut Diwaspadai Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Badan mudah pegal terkadang sering dialami oleh banyak orang, namun tidak jarang orang-orang tersebut mengetahui penyebabnya. Jika kamu tidak mengetahui penyebab badan mudah pegal, tentunya kamu juga akan semakin sulit untuk menemukan cara untuk mengatasinya.

Kebanyakan orang mengalami badan pegal ini setelah beraktivitas seharian. Badan pegal dan nyeri biasanya disebabkan oleh kurangnya waktu tidur, pola diet yang salah, banyaknya aktivitas, stres dan lain-lain.

Penyebab badan mudah pegal dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan, dan akibat kondisi kesehatan tertentu. Oleh karena itu, dengan mengetahui penyebab badan mudah pegal yang dialami, kamu bisa menemukan cara untuk mengatasinya dengan baik.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab badan pegal semua yang patut diwaspadai beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Kelainan pada Otot

Penyebab badan mudah pegal yang pertama adalah adanya kelainan pada otot. Beberapa masalah kelainan otot meliputi kram, keseleo, peradangan otot, hingga gangguan otak menerima sinyal rasa sakit yang ditandai dengan nyeri tulang dan otot. Kamu harus berhati-hati bila mudah mengalami rasa pegal dan nyeri.

Penumpukan Asam Laktat

Penyebab badan mudah pegal selanjutnya adalah penumpukan asam laktat. Penumpukan asam yang terbentuk di dalam otot saat seseorang membutuhkan banyak energi ini biasanya terjadi setelah melakukan olahraga berat atau aktivitas berat lainnya. Melakukan pekerjaan fisik yang berat setiap hari, latihan otot di gym, hingga olahraga marathon dapat menjadi pemicu penumpukan asam laktat.

Stres

Selain itu, pennyebab badan mudah pegal juga bisa dipengaruhi oleh kondisi mental. Gangguan pada kesehatan mental atau stres juga dapat menjadi penyebab badan mudah pegal. Hal ini karena orang yang memiliki banyak masalah cenderung mudah panik dan stres, yang membuat otot-otot jadi menegang. Hal inilah yang nantinya menyebabkan badan menjadi mudah pegal.

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Penyebab badan mudah pegal selanjutnya adalah karena efek samping obat-obat tertentu. Sebut saja obat anti kolesterol seperti statin (atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, pravastatin, rosuvastatin, dan simvastatin). Oleh karena itu, kamu juga perlu memperhatikan konsumsi obat-obatan untuk penyakitmu, agar bisa mengatasinya dengan baik.

Cara Mengatasi Badan Mudah Pegal

Melakukan Peregangan  

Cara mengatasi badna mudah pegal yang pertama adalah dengan melakukan peregangan. Secara prinsip, semakin lentur otot, maka semakin berkurang kemungkinan otot tersebut menjadi kaku. Jadi, kamu bisa melakukan kegiatan yang bisa melenturkan otot, yaitu peregangan. Hal ini mudah dilakukan karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Berenang

Melakukan olahraga juga bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi badan mudah pegal. Kamu bisa melakukan olahraga jenis apa saja asalkan dilakukan dengan tepat untuk mengatasi bdan mudah pegal.

Namun, berenang merupakan jenis olahraga yang paling efektif untuk mengurangi pegal. Manfaat ini bisa dimanfaatkan jika kamu melakukannya secara rutin. Selain itu, dalam memilih tempat berenang, lebih baik berenang di kolam renang indoor untuk mengurangi paparan udara dingin dan angin yang dapat menyebabkan rasa pegal dan nyeri.

Pijat

Cara mengatasi badan mudah pegal yang sudah cukup banyak diketahui dan disenangi adalah pijat. Namun, sebaiknya kamu hanya melakukan pijat pada beberapa bagian tubuh saja seperti pada tangan dan kaki. Bagian tubuh yang tidak boleh dipijat adalah tulang belakang, dimulai dari leher hingga tulang ekor.

Hal ini dikarenakan kamu dan orang yang memijat belum tentu mengetahui kesehatan tulang belakang kamu. Hal ini bisa menyebabkan pergeseran tulang hingga saraf terjepit. Jadi, sebaiknya kamu memastikan kondisimu terlebih dahulu dan melakukan pijat di tempat terpercaya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading