Sukses

Health

Kaki Sering Merasa Pegal? Berikut Penyebab Kaki Pegal di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Tidur di malam hari akan membuat tubuh kita beristirahat dengan segala aktivitas yang telah kita lakukan di pagi hari, namun pernahkah kamu merakan nyeri pada kaki saat di malam hari? Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang selalu menopang aktivitas sehari-hari kita seperti berjalan dan berlari.

Selain itu biasanya nyeri kaki dapat terjadi karena perjalanan panjang atau hari-hari yang melelahkan, untuk hal ini sangat wajar dan umum jika terjadi pada kita tentunya akan membuat kkai kita terasa sangat pegal. Kaki yang terasa pegal tentunya dapat terjadi pada siapa pun pada usia berapa pun.

Kaki yang terasa pegal menjadi salah satu masalah bagi setiap orang, mulai dari nyeri tumpul, berdenyut hingga sensasi tajam dan menyegat. Bagi sebagian orang kaki terasa pegal hanya terjadi saat di malam hari tentunya ini akan mengganggu kualitas tidur kita saat di malam hari. Berikut beberapa penyebab kaki pegal di malam hari :

1. Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis merupakan jaringan yang membentang dari bagian depan kkai melalui lengkungan dan tumit, saat ditekan atau diregangkan dapat menyebabkan nyeri kaki dan peradangan nah inilah yang dinamakan plantar fasciitis. Berikut penyebab dari plantar fasciitis :

  • Kaki datar
  • Lengkungan tinggi
  • Berat badan yang lebih
  • Otot betis yang terasa kencang

Namun biasanya nyeri plantar fasciitis lebih buruk saat di pagi hari.

2. Neuroma Morton

Biasanya lebih sering terjadi pada pria daripada perempuan, Neuroma Morton merupakan penebalan saraf di kaki sekitar jari kaki ketiga dan keempat selain itu kondisi ini juga dapat disebabkan oleh cubitan atau peradangan di sekitar saraf di jari kaki.

Orang dengan kondisi ini akan mengalami rasa yang terbakar, kesemutan, dan kram yang dapat memburuk saat di malam hari akan tetapi rasa sakit ini dapat bertahan sepanjang hari, terutama saat kamu berjalan atau memberi tekanan pada kaki. Orang dengan Neuroma Morton memiliki, kaki datar, lengkungan tinggi, dan bunions.

3. Hamil

Saat kamu sedang hamil makan tubuh akan memproses kalsium yang secara berbeda nah perubahan kadar kalsium ini yang dapat menyebabkan kram dan kaki terasa pegal. Kamu dapat melakukannya dengan meredakan kram kaki dengan peregangan yang lembut, olahraga ringan, dan melenturkan kaki saat kram. Selain itu kamu dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam makanan juga dapat membantu.

4. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi sirkulasi darah, darah ini akan membawa oksigen ke seluruh tubuh dan jika terdapat penurunan sirkulasi di kaki, otot-otot akan kekurangan oksigen yang mereka butuhkan hal ini dapat menyebab nyeri pada otot-otot di kaki.

5. Fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan kondisi kronis yang dapat menyebabkan rasa sakit meluas ke seluruh tubuh dan mempengaruhi system saraf pusat dan sistem muskuloskeletal. Rasa sakit ini biasanya lebih buruk di area tubuh yang sering digunakan seperti kaki, selain itu pada malam hari kadar hormon anti-inflamasi kortisol yang redah juga dapat memperburuk rasa sakit.

6. Saraf Terjepit

Saraf terjepit pada bagian tungkai, pinggul, punggung, dan kaki dapat menyebabkan nyeri kaki yang berlebihan di malam hari. Hal ini biasanya terjadi akibat dari posisi tidur jika kamu dapat mengubah posisi tidur dapat membantu menghilangkan jenis rasa sakit ini.

7. Faktor Gaya Hidup

Seseorang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk berdiri di waktu yang cukup lama akan membuat mereka merasakan kaki di malam hari, hal ini biasa terjadi saat kelelahan di otot-otot kaki. Berikut beberapa gaya hidup yang dapat berkontribusi terhadap nyeri kaki seperti :

  • Duduk dalam waktu yang lama.
  • Berdiri, berjalan, atau lari dalam waktu lama.
  • Penggunaan sepatu yang tidak nyaman.
  • Posisi tidur.  
  • Berat badan yang lebih.

Cara mengatasi kaki pegal di malam hari :

  • Mengetahui penyebab rasa kaki pegal, sebaiknya sebelum mengatasi rasa kaki yang pegal kamu harus mengetahui penyebab kaki kamu teras pegal karena hal ini dapat mengetahui penggunaan obat yang cocok dengan kaki yang pegal.
  • Istirahat, terkadang rasa pegal di malam hari karena kondisi nyeri yang memburuk dengan aktivitas di siang hari, sebaiknya untuk meluangkan waktu untuk mengistirahatkan otot.
  • Mengoleskan dengan Es, salah satu pengobatan yang ampuh dan gratis yaitu dapat meredakan rasa pegal dengan mengoleskan es atau merendam kaki dengan air dingin sealam 20 menit.
  • Mengganti Kasur, biasanya saraf terjepit dan nyeri saraf terjadi karena posisi tidur yang kurang nyaman saat tidur hal ini yang mengharuskan kamu untuk mengecek kasur apakah kasus terlalu empuk atau keras. Jika kamu menggunakan kasur yang empuk tentunya akan membuat tubuh kamu ambruk di malam hari sedangkan kasur yang keras tidak dapat menemukan pelepasan yang nyaman saat tidur.
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Psikopat yang Harus Diwaspadai Sedini Mungkin
Artikel Selanjutnya
Penyebab Demam Berdarah yang Paling Umum Beserta Gejala dan Cara Pengobatannya

Live Streaming

Powered by