Sukses

Health

7 Hobi yang Bikin Umur Panjang

Fimela.com, Jakarta Memiliki kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan terus menerus adalah salah satu cara untuk membuat hidup kita bahagia. Tak hanya itu saja, memiliki hobi tak hanya bermanfaat untuk membuat suasana hati jadi lebih baik, namun juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan bahkan bikin umur panjang. Dan ini dibuktikan oleh penelitian secara ilmiah.

Seperti yang dilansir dari Money Talk News, Jumat (19/11/2021), inilah beberapa hobi yang bikin umur panjang.

1. Membaca

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Sussex, Inggris, menemukan bahwa membaca buku dan memikirkan sesuatu secara mendalam dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen. Penelitian merekomendasikan untuk membaca setidaknya selama 6 menit dalam sehari. Para psikolog mengatakan, pikiran seseorang terkonsentrasi pada apa yang dibacanya dan cara ini dapat meredakan gangguan ketegangan di otot dan jantung.

2. Berkebun

Beberapa penelitian menunjukkan, aktivitas fisik seperti berkebun dengan suasana hijau yang menenangkan dapat meningkatkan angka harapan hidup. Sebuah studi dari Harvard University juga menemukan bahwa perempuan yang tinggal di tengah area kebun yang subur memiliki tingkat kematian yang rendah.

3. Memasak

Seperti yang kita ketahui, makanan olahan atau cepat saji berisiko memicu penyakit seperti diabetes dan masalah kardiovaskular. Jadi, kalau kita meracik masakan sendiri membuat kita lebih sehat. Para peneliti dari University of Washington mengatakan kebiasaan memasak sendiri membuat kita  lebih hati-hati dalam memilih makanan yang bernutrisi.

4. Mendengarkan musik

Sebuah studi dari University of London menemukan, menghadiri konser secara teratur dapat memperpanjang angka harapan hidup. Studi juga menemukan bahwa mendengarkan musik selama 20 menit dapat meningkatkan kesehatan mental hingga 21 persen.

5. Menjadi sukarelawan

Salah satu cara terbaik untuk membuat diri tetap bahagia adalah membantu orang lain dengan tulus. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology ini menemukan bahwa menjadi sukarelawan dapat memperpanjang angka harapan hidup.

6. Berjalan kaki

Penelitian mencatat, orang yang gemar berjalan kaki bisa hidup 20 tahun lebih lama daripada orang yang terbiasa dengan gaya hidup sedentari. Juga, berjala cepat setidaknya 5 km per jam atau sekitar 100 langkah per menit dapat memberikan kesehatan yang lebih baik dan umur panjang.

7. Memelihara hewan

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa memiliki ikatan yang kuat dengan hewan peliharaan dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah meta-analisis menemukan bahwa memlihara anjing dapat menurunkan risiko kematian hingga 24 persen.

Kamu bisa memilih salah satu hobi yang menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan dan juga dapat memperpanjang umur. Walaupun umur tak ada yang tahu, tapi memiliki salah satu hobi setidaknya akan membuat hidupmu lebih menyenangkan.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading