Sukses

Health

Panduan Lengkap Lakukan Tes Cepat COVID-19 selama Musim Liburan

Fimela.com, Jakarta Vaksin COVID-19 memant telah tersedia hampir untuk semua orang, termasuk anak-anak usia 5 tahun dan booster yang sekarang mulai didistribusikan untuk beberapa kalangan. Tapi jangan lupa bahwa sekarang kita juga punya varian Omicron.

Varian ini memang tampaknya lebih ringan di tahap awal, tapi para pakar memperingatkan bahwa Omicron berpotensi mengubah arah pandemi. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang masih berpikiran untuk merayakan liburan bersama-sama?

Tes COVID-19 memang secara teoritis bisa membantu membuat semua orang merasa lebih aman, tapi tes ini memiliki batas. Dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa panduan lengkap melakukan tes COVID-19 selama musim liburan.

1. Seberapa cepat tes COVID-19 yang dilakukan di rumah bekerja

Tes cepat COVID-19 yang dilakukan di rumah adalah sebagian besar tes antigen yang mengharuskan mengumpulkan sampel dari hidung menggunakan alat usap panjang, yang kemudian dicelupkan ke dalam pembaca larutan. Kamu mungkin hanya perlu menuggu beberapa menit untuk mengetahui hasilnya, biasanya sekitar 10 sampai 15 menit. Secara keseluruhan, tes cepat COVID-19 tidak seakurat tes PCR, tapi masih cukup bagus.

2. Tes cepat COVID-19 hanya memberikan tampilan dalam satu waktu

Penting untuk diingat bahwa tes cepat COVID-19 hanya memberikan tampilan pada satu waktu saja. Tes cepat bukan yang terbaik untuk mendeteksi sebuah penyakit, sebelum seseorang menunjukkan gejalanya.

Oleh karena itu, para pakar merekomendasikan tes cepat dilakukan 72 jam sebelum acara, lalu lakukan lagi sekitar satu jam sebelum pertemuan. Poinnya adalah tidak hanya melakukan tes cepat lebih dari satu kali, tapi juga mengisolasi diri sendiri setelah mengambil tes terakhir.

 

3. Baca instruksi dengan seksama

Kesalahan penggunaan bisa menjadi masalah besar saat kamu melakukan tes cepat COVID-19 dalam bentu apapun, karena sebagian besar orang tidak memiliki banyak pengalaman melakukan usap hidung. Pastikan kamu membaca panduan cara menggunakannya dan tanggal kedaluwarsa, yang biasanya ada di kemasan.

4. Jika tidak yakin dengan hasilnya, lakukan tes lagi

Jika kamu benar-benar tidak menunjukkan gejala, tapi hasil tesnya tidak meyakinkan, maka lakukan tes lagi. Tes ulang dengan segera adalah salah satu manfaat potensial dari tes cepat COVID-19 di rumah, dibandingkan tes laboratorium.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading