Sukses

Health

Peringkat 5, Indonesia Menjadi Negara dengan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lengkap Terbanyak di Dunia

Fimela.com, Jakarta Gencarnya sosialisasi vaksin COVID-19 dan penyaluran yang diusahakan semerata mungkin di seluruh daerah di Indonesia sepertinya menunjukkan hasilnya dengan cukup baik. Hal itu dibuktikan oleh peringkat vaksinasi COVID-19 seluruh negara di dunia baru-baru ini.

Dilansir dari Liputan6.com, Indonesia menduduki peringkat kelima sebagai negara dengan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap terbanyak di dunia setelah negara China, India, Amerika Serikat, dan Brasil. Jumlah penerima vaksin dosis lengkap untuk saat ini sebanyak 106 juta orang.

Capaian vaksin dosis lengkap di Indonesia

Seperti dikatakan Menlu RI Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2022, Kamis, (6/1) bahwa menjelang akhir Desember 2021, Indonesia telah menyuntikkan lebih dari 270 juta dosis vaksin, sehingga Indonesia kini menduduki negara peringkat kelima sebagai negara penerima vaksin dosis lengkap terbanyak.

Namun tidak berpuas diri sampai di situ, Retno mengungkapkan bahwa tantangan selanjutnya adalah memenuhi target 70% vaksinasi penuh dari total populasi pada pertengahan 2022. Indonesia sendiri telah memenuhi target WHO untuk melakukan vaksinasi penuh terhadap 40% penduduknya pada tanggal 22 Desember 2021. Keberhasilan ini tentu tak lepas dari dukungan banyak pihak.

Jika selama ini Indonesia menerima vaksin dari luar, Retno berharap Indonesia mampu memproduksi vaksin sendiri dan akan lebih baik jika dapat menjadi hub produksi vaksin di kawasan. Pengembangan riset dan jejaring manufaktur vaksin juga mesti didorong, termasuk melalui CEPI.

Dengan berkembangnya tingkat kesehatan masyarakat dengan capaian vaksin yang baik, bukan berarti bisa mengabaikan kesehatan ya Sahabat Fimela. Meski sudah divaksin, yuk tetap terapkan protokol kesehatan di mana saja.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Berawal dari Masalah Pribadi, Rachel Nathani Sukses Tekuni Bisnis Skincare
Artikel Selanjutnya
Kesal Tak Kunjung Diberi Cucu, Orangtua di India Tuntut Anak dan Menantunya Senilai Rp9,4 Miliar