Sukses

Health

Kurangi Rasa Insecure, 3 Kegiatan Sederhana Ini Bantu Jaga Kesehatan Otak

Fimela.com, Jakarta Kalau sudah membahas soal rasa insecuremasing-masing dari kita pasti punya pengalaman sendiri. Tiap orang punya dan menghadapi insecurities yang berbeda-beda dalam hidupnya. Kita pun mungkin saat ini sedang berjuang untuk mengatasi rasa insecure yang ada.

Mengatasi rasa insecure kadang terasa begitu kompleks. Begitu banyak aspek yang perlu kita pikirkan dan pertimbangkan. Mengutip buku How to Respect Myself, tidak ada maknanya berusaha hanya di dalam kepala. Artinya, kita perlu melakukan tindakan nyata bila ingin memulihkan harga diri dan tidak mengalami rasa insecure berlebih. Kontrol pikiran memang penting, tapi jika tidak melakukan tindakan nyata maka segalanya masih akan tetap rumit. Berikut ini tiga tindakan yang bisa dicoba untuk membahagiakan otak.

1. Jalan Kaki

"Berjalanlah seperti orang yang menghormati diri sendiri dan memercayai keputusan sendiri," ungkap Yoon Hong Gyun, dokter Kejiwaan di Korea Selatan.

Berjalan kaki bisa jadi salah satu tindakan yang bantu menjaga kesehatan otak dan membuat kita tidak gampang insecure. Tentu saja bukan jalan kaki biasa, melainkan jalan kaki dengan punggung yang tegak dan pundak yang rileks. 

Langkahkan kaki kita dengan luwes dan santai. Berjalanlah seperti tidak pernah mencemaskan kritikan orang lain. 

Setelah berjalan beberapa saat, biasanya kita akan merasa lebih tenang dan santai. Perasaan insecure pun bisa perlahan memudar.

2. Memasang Raut Wajah Tersenyum

Pasang raut wajah tersenyum saat bercermin. Tindakan ini bukan tindakan orang gila. Justru ini bisa jadi salah satu tindakan yang bantu membuatmu lebih nyaman dengan dirimu sendiri.

Awalnya mungkin akan terasa seperti terpaksa dan kaku. Namun, lama kelamaan akan ada perasaan hangat dan nyaman yang mengalir di dalam dada. 

Jadi, ketika bercermin, coba bayangkan raut wajah seperti apa yang akan kamu pasang jika kamu menyayangi orang yang ada di dalam cermin itu. Lalu, pasanglah raut wajah terbaik di depan bayanganmu di cermin.

3. Berbicara Sendiri

Sering-seringlah mendengarkan ucapan yang disukai oleh otak. Misal, ketika kamu baru mengalami hari buruk yang membuatmu insecure, kamu bisa bilang pada dirimu sendiri, "Tidak apa-apa, orang lain juga mengalami ini." Mengatakan atau mengucapkan hal-hal  yang bisa menenangkan diri bisa membuat otak jadi ikut bahagia. 

Seperti yang dipaparkan dr. Yoon, "Otak manusia berfungsi secara aktif saat melakukan ketiga hal ini. Perubahan akan terjadi jika kita meningkatkan harga diri di kala otak paling aktif dan bergerak secara efisien." Tiga tindakan di atas bisa menjadi tindakan yang bisa langsung dicoba atau diterapkan dalam keseharian jika ingin meningkatkan harga diri dan mengurangi rasa insecure.

Semoga info ini bermanfaat, ya. Kita bisa mencoba cara yang menurut kita paling mudah dan bisa kita lakukan. Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjalani hari dengan hati yang lebih nyaman tanpa dibayangi rasa insecure. 

#WomenforWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Mengatasi Rasa Insecure dalam Hubungan Cinta
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Seseorang Merasa Insecure Parah