Sukses

Lifestyle

5 Cara Atasi Insecurities saat Merasa Berbeda dengan Perempuan Lain

Fimela.com, Jakarta Merasa berbeda dari kebanyakan perempuan lain bisa membuat kita merasa insecure. Merasa tak sama dengan perempuan-perempuan yang ada di sekitar kita kadang membuat kita merasa tersisih. Kita merasa rendah diri karena berbeda.

Memiliki bentuk tubuh, tinggi badan, berat badan, warna kulit, karakter wajah, hingga latar belakang yang berbeda dari perempuan-perempuan lain yang ada di sekitar kita tak semestinya membuat kita merasa rendah diri. Ya, meski ada rasa insecure karena kita merasa kesepian dan kesulitan untuk melebur, tetapi kita masih bisa meningkatkan rasa percaya diri dengan perbedaan yang ada.

1. Pahami bahwa Berbeda Bukan Sebuah Keburukan

Mengutip buku How to Respect Myself, berbeda dengan orang lain sama sekali bukan hal yang buruk. Mungkin kita merasa lebih sensitif dengan perbedaan yang kita punya, tapi tak apa. Peka adalah karakter yang baik. Kita punya kepekaan tersendiri dengan perbedaan yang ada, dan pahami bahwa berbeda bukan sebuah keburukan. Sebab tiap orang terlahir berbeda dan punya jalan hidup yang tak pernah sama.

2. Berbagi Perasaan dengan Orang Terpercaya

Berbagi perasaan bisa bantu meringankan hati kita. Saat kita merasa insecure karena merasa kesepian dan terasingkan dengan perbedaan yang ada, kita bisa mencoba untuk mencurahkan isi hati kita kepada seseorang yang kita percaya. Mungkin ke sahabat, saudara, atau anggota keluarga. Biasanya dengan berbagi cerita dan perasaan ini, kita bisa mendapat sudut pandang baru. Serta tidak terkungkung terus dalam insecurities yang kita rasakan.

3. Temukan Passion Terbesar dalam Hidup

Apa passion-mu? Bidang apa yang paling membuatmu bersemangat mengerjakannya? Kegiatan atau aktivitas apa yang paling membuatmu bahagia saat melakukannya? Lakukan hal yang paling kamu suka. Tekuni dengan sebaik mungkin. Bahkan kamu bisa memanfaatkan perbedaan yang ada di dalam dirimu sebagai bekal  untuk menekuni hal yang menarik dan berbeda. Saatnya untuk lebih menyayangi dirimu apa adanya dengan memaksimalkan potensi yang kamu punya.

4. Berhenti Menyalahkan Apa pun

"Mengapa hanya aku?" Pertanyaan ini mungkin muncul di kepala saat kita merasa sulit berbaur dengan lingkungan sekitar karena perbedaan yang kita punya. Pertanyaan itu pun kadang juga disertai dengan perasaan tidak beruntung. Merasa jadi orang yang paling sial karena berbeda dengan kebanyakan perempuan lain. Sehingga menyalahkan banyak hal, mulai dari lingkungan, orangtua, hingga hal-hal lain yang ada di sekitar. Tapi menyalahkan sesuatu takkan menghasilkan apa-apa. Jadi, ini saatnya untuk menyalahkan apa pun demi kebaikanmu juga.

5. Gali Potensi dan Kelebihan Diri

Setiap individu punya kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan dirimu. Jadi, yuk coba perlahan temukan kelebihan dirimu. Gali lagi potensi diri terbaik. Sehingga kamu bisa menghadirkan hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain dan sekitar. Tak pernah ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu yang bermakna dalam hidup.

Saatnya untuk memeluk dan menerima perbedaan yang ada di dalam diri. Dirimu berharga apa adanya. Terima kasih juga sudah berjuang dan bertahan hingga saat ini ya. 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Mengatasi Rasa Insecure dalam Hubungan Cinta
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Seseorang Merasa Insecure Parah