Sukses

Lifestyle

5 Cara Atasi Rasa Insecure saat Diremehkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Diremehkan orang lain, duh rasanya pasti sakit hati sekali ya. Apalagi kalau kita sudah berusaha melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin tapi malah disepelekan, rasanya pasti bikin kita kesal bukan main. Kita pun jadi merasa insecure, tidak lagi percaya diri dan merasakan kehilangan harga diri yang berharga.

Untuk mengatasi rasa insecure karena diremehkan orang lain, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa insecure karena diremehkan atau dipandang sebelah mata oleh orang lain. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini ya.

1. Pahami bahwa Setiap Orang Berhak Diakui

Mengutip buku How to Respect Myself, kita hidup dengan melupakan nilai kita sendiri. Kita tahu bahwa setiap orang berhak diakui dan dicintai. Hanya saja ketika kita ditanya apakah diri kita adalah orang yang bernilai, kita tidak bisa menjawabnya dengan percaya diri. Pahami bahwa tiap orang berhak diakui dan dicintai, istilah "tiap orang" ini juga mencakup diri sendiri. Maka, kita perlu memahami dulu bahwa diri kita bernilai, terlepas dari pengakuan atau pandangan miring orang lain.

2. Tidak Perlu Marah Berlebihan

Oke, boleh merasa kesal atau marah. Hanya saja tak perlu berlarut-larut di dalamnya. Kalau kita terus menerus kesal dan marah, maka energi dan waktu kita akan terbuang sia-sia. Maka dari itu, daripada memendam amarah, mending fokus tenangkan diri lebih dulu. Tarik dan embuskan napas perlahan sampai merasa tenang, lalul mulai lakukan hal atau aktivitas yang lebih penting dalam keseharianmu.

3. Fokus pada Proses yang Sedang Kamu Tekuni

Yoon Hong Gyun, seorang dokter Kejiwaan dalam bukunya, How to Respect Myself, mengungkapkan, "Tidak ada pedoman yang jelas dalam kehidupan sosial. Tidak ada markah jalan yang memberi tahu kapan, di mana, dan bagaimana caranya mendapatkan pengakuan." Sehingga ketika ada orang yang meremehkan kita, kita tak perlu terlalu fokus pada omongan negatifnya. Ada baiknya fokus dengan proses atau hal yang sedang kita tekuni. Biarlah orang memandang remeh dirimu, selama kamu masih bisa melakukan hal yang bermakna dalam hidupmu maka kamu akan baik-baik saja.

4. Buat Pencapaianmu Sendiri

Mungkin awalnya kamu termotivasi membuat sebuah pencapaian karena ingin membungkam mulut orang yang meremehkanmu. Namun, ke depannya kamu akan lebih termotivasi untuk membuat pencapaian demi dirimu sendiri. Ini hidupmu, maka kamu perlu melakukan hal-hal yang berarti dalam hidupmu. 

5. Hargai Setiap Usahamu

Alih-alih merasa insecure dengan omongan orang lain yang merendahkanmu, mending kamu curahkan perhatian sepenuhnya untuk dirimu sendiri. Hargai setiap usaha terbaikmu. Berterima kasihlah pada dirimu sendiri yang sudah berjuang dan bertahan hingga detik ini. Saat kamu sudah menghargai semua hal yang kamu lakukan, maka kamu tak akan memusingkan pandangan sebelah mata orang lain.

Saatnya untuk menjalani hari dengan lebih baik lagi. Semoga kamu bisa menyelesaikan setiap hal yang kamu lakukan dengan sebaik mungkin, ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Mengatasi Rasa Insecure dalam Hubungan Cinta
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Seseorang Merasa Insecure Parah