Sukses

Health

Menghilangkan Bintitan dengan 3 Cara Mudah Ini!

Fimela.com, Jakarta Bintitan atau adanya benjolan kecil pada area mata biasanya disebabkan dengan adanya infeksi bakteri Staphlococcusareus yang menyerang kelenjar dalam mata. Meskipun tidak terlalu berbahaya, faktanya adanya bintitan ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kamu ya. Sebab, bintitan ini bisa menimbulkan rasa nyeri, gatal, dan bengkak sehingga bisa merusak keindahan mata cantik kamu.

Tidak heran jika sebagian orang langsung sibuk mencari cara alami untuk menyembuhkan bintitan ini hingga berkonsultasi ke dokter. Nah, berikut ini cara menghilangkan bintitan dengan bahan alami dan juga cara rumahan. Penasaran? Yuk cek infonya!

1. Kompres air hangat

Sahabat fimela hanya perlu mengkompres mata dengan menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat, kemudian pijat mata sebanyak 4 kali dalam sehari. Nah, jangan lupa juga ya sahabat fimela untuk memijat mata dengan pelan dan halus selama 10 menit. Setelah itu, taruh handuk hangat ke mata selama 15 detik.

2. Hindari pemakaian softlens

Selain mengkompres mata dengan handuk hangat, sahabat fimela juga harus menghindari pemakaian softlens. Sebab, softlens atau lensa kontak ini bisa menjadi baktri yang terkontaminasi dan memperburuk kondisi bintitan. Selain itu, sahabat fimela juga harus berhenti sejenak dalam pemakaian makeup khususnya pada riasan mata agar tidak memperburuk kondisi bintitan. Jadi, jangan sampai lupa yaa sahabat fimela!

3. Biji ketumbar

Nah, cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bintitan ialah menjaga kebersihan mata dan juga merawatnya menggunakan biji ketumbar. Kenapa pakai biji ketumbar? Karena ketumbar mempunyai sidat antibakteri yang dapat menghilangkan bintitan. Caranya yaitu dengan rebus biji ketumbar dalam air selama beberama menit. Setelah mendidih, pisahkan biji ketumbar dan airnya. Kemudian, sahabat fimela bisa menggunakan air rebusan tersebut yang sudah dingin untuk diaplikasikan ke bagain mata yang terdapat bintitannya.

Beberapa cara di atas bisa digunakan untuk menghilangkan bintitan baik menggunakan bahan alami atau cara rumahan. Semoga bermanfaat yaa sahabat fimela.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Definisi bintitan, atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah hordeolum, adalah benjolan nyeri di kelopak mata (atas ataupun bawah).

    Bintitan

  • health

  • Tips

Loading