Sukses

Health

10 Kebiasaan Buruk yang Terlihat Sepele tapi Merusak Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Tak banyak yang tahu kalau ternyata beberapa kebiasaan buruk yang terlihat sepele bisa menyebabkan kerusakan kesehatan yang serius. Bahkan, kebiasaan buruk ini tak hanya dilakukan oleh orang dewasa namun juga anak-anak. Dan jika dilakukan keterusan akan sulit untuk mengubahnya.

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang terlihat sepele tapi merusak kesehatan.

1. Terlambat makan

Terlambat makan mungkin terlihat sepele, tetapi kebiasaan ini bisa melambatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan kekurangan energi. Tak hanya itu, menunda makan juga bisa meningkatkan asam lambung dan meningkatkan risiko diabetes, karena kamu akan makan lebih banyak dari biasanya.

2. Jarang minum air putih

Jarang minum air putih bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada tubuh, seperti penumpukan racun, kerusakan ginjal hingga kanker kanker kandung kemih.

3. Memencet jerawat

Bukannya menyembuhkan, memencet jerawat justru akan membuat bekas luka semakin sulit dihilangkan dan peradaangan yang disertai rasa sakit.

 

4. Memakai ponsel dalam waktu yang lama

Kelamaan menggunakan gadget bisa menyebabkan tubuh malas bergerak sehingga memicu risiko diabetes, obesitas, otot yang kaku dan menurunkan fungsi kognitif otak.

5. Menggigit kuku

Menggigit kuku bisa menyebabkan kuman dari tangan berpindah ke mulut, sehingga kemungkinan terkena cacingan, diare, atau tifus lebih tinggi.

6. Berbohong terus menerus

Jangan biasakan berbohongm karena itu tidak hanya akan merugikan orang lain tapi juga diri sendiri. Berbohong bisa menyebabkan pikiran yang tidak tenang, stres, sakit kelapa, cemas dan meningkatnya asam lambung.

7. Begadang

Kebiasaan begadang tak hanya merusak pola tidur, tapi juga pola makan dan kebiasaan lainnya. Kamu juga akan sulit berkosentrasi dan tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon stres yang membuat suasana hati tak karuan.

8. Menahan marah

Ketika memendam rasa marah dalam waktu yang lama, ini bisa menyebabkan stres dan penyakit jantung. Kamu harus pandai mengendalikan emosi atau mencari cara untuk mengalihkannya.

9. Membawa tas yang berat

Membawa tas yang berat dalam waktu yang lama bisa menyebabkan sakit punggung dan postur tubuh yang buruk.

10. Menyalahkan diri sendiri

Terlalu kritis pada diri sendiri biasa membuatmu stres, mudah berpikir negatif dan menganggap diri tak layak. Sebaliknya, menerapkan welas asih pada diri sendiri bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Jadi, kalau kamu masih melakukan kebiasaan di atas, sebaiknya segera diubah agar tak keterusan. Karena hal yang kelihatan sepele bisa menimbulkan dampak yang besar di kemudian hari.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading