Sukses

Beauty

9 Kebiasaan Buruk Penyebab Wajah Cepat Tua yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Wajah cepat tua adalah salah satu proses penuaan dini pada kulit, yang sering dialami perempuan di usia 20 tahun keatas. Kondisi ini menyebabkan munculnya kerutan di wajah, yang bisa membuat rasa kepercayaan diri seseorang menurun.

Wajah cepat tua ini bisa disebabkan karena faktor bertambahnya usia, keturunan dan pola hidup yang kurang sehat. Seseorang yang memiliki wajah cepat tua ini, sering dianggap kalau sedang memiliki beban pikiran atau terlalu stres. Memang benar kalau stres membuat seseorang terlihat cepat tua, untuk itu kesehatan mental dan pikiran juga harus dijaga, agar wajah terlihat awet muda.

Tak hanya itu saja, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan wajah cepat tua. Kondisi ini harus segera disadari, agar kulit wajah terjaga kesehatannya dan terlihat awet muda. Berikut penyebab wajah cepat tua:

Penyebab Wajah Cepat Tua

1. Jarang Minum Air Putih

Penyebab wajah cepat tua yang pertama adalah jarang minum air putih. Saat kekurangan air putih, cairan di dalam tubuh akan berkurang, dan menyebabkan produksi minyak di kulit menurun. Hal ini membuat tekstur kulit menjadi kering, dan wajah terlihat cepat tua.

2. Jarang Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas yang bisa membuat tubuh menjadi sehat. Olahraga juga bisa membuat kulit terlihat awet muda, karena olahraga membantu melancarkan peredaran darah dan membersihkan pori-pori tersumbat. Untuk itu, rajinlah berolahraga secara rutin, agar terhindar dari wajah cepat tua.

3. Salah Memilih Produk Makeup

Wajah cepat tua sering dialami seseorang yang memiliki kulit kering. Agar wajah tampak awet muda, sebaiknya gunakan produk makeup yang sesuai dengan jenis kulitmu. Hindari menggunakan makeup yang hasil akhirnya matte, dan jangan gunakan gaya makeup bold. Karena bisa membuat wajahmu terlihat lebih tua dari umurmu.

Penyebab Wajah Cepat Tua

4. Sering Melakukan Eksfoliasi

Terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa membuat wajah cepat tua. Walaupun eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati, melembutkan tekstur kulit, dan membersihkan pori-pori tersumbat, tetapi sering melakukan eksfoliasi bisa membuat kulit sangat kering. Sehingga kulit wajah terlihat berkerut, lapisan kulit mengelupas dan wajah terlihat cepat tua.

5. Jarang Menggunakan Pelembap

Pelembap adalah salah satu produk skincare yang bisa membuat kulit wajah lembap. Pelembap dapat digunakan sebelum menggunakan makeup, atau setelah membersihkan wajah. Kalau kamu jarang menggunakan pelembap, maka kulit wajah akan kering dan tampak tua. Kamu bisa menggunakan pelembap yang mengandung antioksidan, ceramide, hyaluronid acid, glycerin, AHA, BHA, dan vitamin C.

6. Jarang Menggunakan Sunscreen

Penyebab wajah cepat tua yang selanjutnya adalah jarang menggunakan sunscreen. Padalah sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Karena paparan sinar matahari bisa menyebabkan flek hitam di kulit, membuat keriput di wajah, dan membuat wajah cepat tua. Gunakan sunscreen setiap 4 jam sekali, saat pagi dan siang hari.

Penyebab Wajah Cepat Tua

7. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan terlihat semakin menua, karena produksi minyak alami dan kolagen di kulit semakin menurun. Hal ini sangat wajar terjadi saat seseorang memasuki usia 20tahunan keatas. Apalagi jika melakukan pola hidup yang kurang sehat, yang bisa membuat kulit kering. Seperti menggunakan makeup tebal setiap hari, merokok, mengonsumsi alkohol dan semacamnya.

8. Efek Samping Obat-Obatan

Wajah cepat tua juga disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan yang bisa membuat kulit kering, seperti obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid, dan obat-obatan kemoterapi. Jangan lupa untuk mengonsultasikan obat-obatan tersebut kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

9. Memiliki Riwayat Penyakit

Penyebab wajah cepat tua yang terakhir, yaitu karena memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti dermatitis atopik, eksim, psoriasis, penyakit ginjal, iktiosis, kelainan tiroid, kurang gizi, dan diabetes. Penyakit ini bisa membuat kulit wajah kering dan bersisik, sehingga wajah terlihat cepat tua.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading