Sukses

Beauty

5 Kebiasaan Ini Strategi Tepat untuk Lawan Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Penuaan dini tentu bukan hal yang dapat kita hindari. Semakin bertambah umur, kulit akan kehilangan kemampuannya untuk meregenerasi sel baru dan kehilangan kerja kolagen. Hal ini membuat kulit tidak mampu untuk menangkal paparan radikal bebas, sehingga timbul kerutan dan keriput pada wajah. 

Mengatasi penuaan dini, merupakan persoalan dari dalam dan luar diri. Gaya hidup menjadi faktor penting untuk menjaga agar kulit tetap tampak muda. Lingkungan dan kebiasaan gaya hidup sehat akan mencegah dampak dari penuaan dini seiring waktu. 

Penerapan gaya hidup dan kebiasaan sehat pun menjadi kunci penting untuk melawan dampak dari penuaan dini. Tidak hanya itu, penerapa gaya hidup yang sehat akan memberikan kesejahteraan dalam dan luar diri. Lakukan 5 kebiasaan sehat ini sebagai strategi untuk cegah penuaan dini dengan tepat.

Lindungi kulit dari sinar matahari

Memakai sunscreen atau tabir surya, menjadi kebiasaan yang wajib dan penting untuk diterapkan. Penelitian membuktikan bahwa penggunaan sunscreen dapat mengurangi potensi masalah dan penyakit kulit, seperti kanker kulit. Dikutip dari aad.org, enggunaan sunscreen pun menjadi esensial untuk aktivitas kita, baik di luar maupun dalam ruangan.

Pastikan untuk selalu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebih. Gunakan pakaian dengan lengan panjang serta topi, jika ingin melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari. Aplikasikan sunscreen dengan perlingan SPF 30 atau lebih tinggi, serta pilih produk sunscreen dengan sifat tahan air. 

Dalam penggunaan sunscreen, akan lebih baik jika digunakan di seluruh bagian tubuh, termasuk bagian yang tertutup oleh pakaian sekali pun. Hal ini untuk mencegah tembusnya paparan sinar matahari yang masuk ke dalam pakaian kita, sehingga tubuh terlindungi dengan maksimal. 

 

Rutin berolahraga

Kegiatan berolahraga dapat membantumu untuk mencegah dampak dari penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon serotonin yang dapat mengurangi stres, meningkatkan siklus tidur, kualitas kulit serta tulang.

Dikutip dari healthline.com, Department of Health & Human Services, menyatakan bahwa orang dewasa disarankan untuk melakukan olahraga 2.5 sampai 5 jam dalam seminggu dengan intensitas normal, serta 1.25 sampai 2.5 jam untuk aerobik yang intens. Kedua jenis olahraga ini dapat dikombinasikan. 

Cobalah untuk memulainya dengan berjalan kaki saat sore atau ke tempat yang ingin dituju. Aktivitas menari dan bersepeda juga dapat membantu untuk memacu deru jantung yang sehat. Jika menyukai olahraga yang berat, angkat berat dan beban dapat menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Utamakan kesehatan mental

Mengutamakan kebahagiaan luar dan dalam diri menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan mental kita. Mental yang sehat dapat merujuk kita kepada jiwa dan kualitas hidup yang baik. Tidak hanya itu, dengan mengurangi stres, kita juga dapat mencegah penuaan dini dan hidup lebih lama.

Mulai dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat dan tercinta. Membuat tali hubungan dengan orang-orang terdekat dapat meningkatkan mental, fisik serta keadaan diri kita. Dengan menghabiskan waktu bersama orang tercinta, kita dapat mengurangi rasa stres, kesepian dan meningkatkan perasaan bahagia.

Lalu, lakukan hal yang disukai. Jika Sahabat Fimela memiliki hobi yang telah lama ditinggalkan, coba untuk melakukannya kembali. Atau mulai dengan hal-hal baru, seperti menjadi volunteer, atau mencari suasana baru dengan mendaki gunung.

Konsumsi makanan yang sehat

Studi menunjukkan dengan konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah, dapat membantu untuk mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh penuaan dini. Sayur dan buah, serta konsumsi protein baik dari ikan, susu, atau telur, memiliki lemak baik yang dapat memberikan manfaat bagi kulitmu.

Kurangi asupan gula, garam dan minyak yang berlebih. Konsumsi gula dan garam dapat meningkatkan inflamasi dan bengkak pada wajah. Tidak hanya itu, konsumsi gula yang berlebih dapat mempercepat tampaknya garis halus pada wajah.

Tidur yang cukup

Siklus tidur yang baik akan merujuk kepada kesehatan fisik dan mental yang baik. Waktu tidur yang cukup akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan, terutama untuk kulit. Untuk orang dewasa, waktu tidur yang dibutuhkan adalah selama 7 sampai 8 jam setiap malamnya. 

Tidur yang cukup pun telah terbukti memberi segelintir manfaat kesehatan. Dikutip dari healthline.com, waktu tidur yang cukup akan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, mengurangi rasa stres dan depresi, meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan fokus serta konsentrasi. 

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading