Sukses

Health

6 Jenis Makanan yang dapat Membantu Meredakan Kecemasan

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela mendapati diri terus-menerus khawatir dan stres dalam berbagai kesempatan? Bahkan hal tersebut dapat membuatmu makan berlebihan atau mungkin malah kehilangan selera makan? Mengalami kecemasan tentu perlu membutuhkan penanganan dan perhatian yang cukup.

Selain harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup beberapa jenis makanan pun dapat membantu mengatasi kecemasan. Dan, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk mengurangi kecemasan pada seseorang. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Berry

Daripada mengonsumsi makanan manis yang dapat membuatmu semakin merasa lelah, akan lebih baik jika menggantinya dengan beberapa jenis buah segar. Mengganti camilan manis dengan buah seperti buah beri secara umum dapat membantumu mendapatkan asupan vitamin C dan antioksidan yang melindungi dan memperbaiki sel-sel yang rusak dan stes berlebihan.

2. Mengonsumsi Minuman Teh

Pengganti yang baik untuk minuman berbasis alkohol dan soda adalah teh. Teh herbal tertentu seperti lavender, chamomile, daun teh hijau, mengandung antioksidan yang menenangkan saraf. Dengan minum teh herbal akan memberikan manfaat seperti mendapatkan tidur yang berkualitas dan detoksifikasi.

3. Cokelat

Ya, gula memang lebih berbahaya bagi saraf kita daripada sekadar menenangkannya. Oleh karena itu, bukan sembarang cokelat yang membantu mengatasi kecemasan, tetapi konumsilah cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung senyawa nutrisi yang membentuk antioksidan, yang seperti disebutkan sebelumnya, menenangkan kecemasan.

4. Konsumsi Kacang-kacangan

Buah-buahan kering seperti kacang Brazil, kenari, dan almond telah dikatakan sebagai sumber antioksidan, protein dan yang paling penting magnesium yang membantu menjaga neurotransmiter tubuh dan mendukung fungsi otak.

5. Vitamin C

Sekarang ini adalah fakta yang diketahui bahwa Vitamin C adalah pereda stres yang cukup baik, dan karenanya, buah-buahan seperti jeruk, jeruk nipis dan anggur membantu menenangkan saraf. Selain buah-buahan tersebut, menambahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, kubis, selada dan peterseli dalam makanan juga ternyata sangat membantu meredakan kecemasan.

6. Ikan

Meskipun makan ikan bukanlah pilihan untuk semua orang, varietas ikan seperti sarden dan salmon sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan menderita kecemasan. Alasannya adalah ikan mengandung Omega-3 yang cukup tinggi, asam lemak yang menjaga fungsi kognitif otak, serta menyeimbangkan hormon sehingga menjaga kesehatan mental juga.

Nah, itulah tadi beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsu untuk mengurangi kecemasan. Penuhi asupan untuk tubuh yang akan memengaruhi kondisi kesehatanmu. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading