Sukses

Food

7 Makanan Aneh yang Sangat Sehat untuk Tubuh, Ada Susu Kecoa

Fimela.com, Jakarta Ada banyak makanan yang membuat tubuh seseorang sehat. Meski makanan tersebut terbilang aneh dengan bentuk yang ‘jelek’. Makanan dengan bekas luka, tonjolan, dan perubahan warna yang aneh namun tidak kalah gizinya dengan makanan yang indah.

Faktanya, beberapa produk, protein, dan biji-bijian yang tampak paling tidak menggugah selera menghasilkan beberapa profil nutrisi yang paling manjur.

Rebecca Scritchfield, R.D.N., penulis Body Kindness, dan Ann Kulze, M.D., pelatih kesehatan pribadi dan penulis seri buku Eat Right for Life, telah menyoroti beberapa makanan paling jelek namun bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini ulasannya, melansir mensjournal.com

1. Nasi hitam

Kita hanya mengenal beras putih dan merah, namun ternyaya adapula beras hitam yang juga dikenal sebagai 'beras terlarang' karena dipuja dan secara khusus disediakan untuk bangsawan di Asia kuno. 

Beras ini memiliki nutrisi yang sehat dari serat, mineral, vitamin, dan antioksidan kuat yang melimpah.

Faktanya, beras hitam mengandung pigmen antosianin ungu tua yang sama dengan buah beri, tetapi pigmennya sangat pekat sehingga butirannya tampak hitam.

2. Labu kaleng

Labu kalengan adalah satu-satunya contoh makanan olaha yang lebih sehat daripada buah aslinya.  Pada dasarnya, ini adalah labu segar yang dihaluskan, kemudian dimasak untuk menghilangkan airnya, yang keduanya memusatkan nutrisinya dan membuatnya lebih mudah bagi tubuh untuk menyerapnya.  

Tambahkan labu kalengan ke smoothie, sup, yogurt, dan oatmeal.  "Ini rendah kalori, tinggi serat, dan menyediakan paket karotenoid pelawan penyakit yang paling terkonsentrasi dari makanan apa pun," kata Kulze.

Karotenoid itu penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan jantung, dan menjaga kulit awet muda.

3. Akar seledri

Akar seledri terlihat seperti kesalahan, seperti mencabut rumput liar dari tanah.  Nah, sayuran akar yang menonjol ini, sejelek apa pun itu dipenuhi dengan khasiat yang meningkatkan kesehatan.  

Sebagai permulaan, akar seledri adalah jenis seledri yang termasuk dalam keluarga wortel.  Ini menawarkan rasa yang khas sesuatu antara seledri dan peterseli.  

"Akar seledri sangat rendah kalori dan merupakan sumber vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang," kata Scritchfield.  Ini juga merupakan sumber yang sangat baik dari mineral penting fosfor besi, kalsium, tembaga, dan mangan.

Tidak tahu bagaimana cara memakannya? Kupas kulit luarnya, dan potong akarnya menjadi empat bagian.  Tempatkan ke dalam air mendidih (seperti yang lakukan untuk membuat kentang tumbuk).  Rebus sampai akarnya mudah ditusuk dengan pisau, tiriskan airnya, lalu haluskan dengan mentega, garam, dan merica.  Ini cocok dengan ayam, steak, atau babi. Juga bisa menyajikannya mentah dan/atau dimasukkan  dalam salad.  

"Ini paling baik dipasangkan dengan sayuran beraroma tajam lainnya, seperti apel, bit, dan wortel," tambahnya.

4. Artichoke hati

Jika pernah memakan artichoke, memetik kelopak sayuran sampai berhadapan dengan jantungnya, tahu betapa anehnya. Ada bagian tengah berbulu di atas jantung, yang harus dikikis dengan hati-hati menggunakan sendok.

“Hati artichoke mungkin yang paling kurang dihargai dan kurang dimanfaatkan dari semua makanan superstar," kata Kulze.

Hanya dengan 60 kalori per porsi, akan mendapatkan asupan vitamin C, folat, dan serat yang luar biasa bersama dengan berbagai macam mineral. Kekuatan antioksidannya benar-benar melimpah. Sajikan hati artichoke pada salad, makanlah sebagai camilan cepat, atau siapkan sayuran sebagai pelengkap.

5. Sarden kalengan

Ikan kecil berminyak ini siap untuk dimakan langsung dari kalengnya, dan dikemas dengan protein berkualitas tinggi, serta lemak omega 3 esensial dosis besar, vitamin D (sangat jarang ditemukan pada makanan lain), vitamin B, kalsium, selenium, dan beberapa mineral penting lainnya.

Dan berbeda dengan bentuk ikan lainnya, sarden bebas dari racun lingkungan seperti merkuri. Si kecil ini juga penting untuk kesehatan otak, jantung, dan tulang yang optimal.

6. Tomat warisan

Tomat jenis 'warisan' ini memiliki bentuk dan warna yang aneh, tetapi dikemas dengan nutrisi yang baik. Memiliki likopen, antioksidan kuat yang dikenal untuk melindungi dari berbagai bentuk kanker dan mendukung kesehatan prostat.

Cukup menarik, tidak seperti kebanyakan tomat lainnya, tomat warisan dipetik pada kematangan puncak (bukan pada keadaan matang hijau dan dibiarkan matang melalui gas etilen). Ini berarti mereka memiliki kandungan vitamin yang lebih besar (vitamin A, C, dan K).

7. Susu kecoa

Siapa sangka jika susu kecoa baik untuk tubuh. Namun, susu kecoa diproduksi hanya oleh jenis kecoa tertentu yang disebut Diploptera punctata.

Mengutip Healthline, spesies kecoa ini tidak bertelur melainkan melahirkan. Indukannya akan membuat 'susu' dalam bentuk kristal protein untuk dijadikan makanan bagi anak mereka yang sedang tumbuh.

Para ilmuwan menemukan kristal protein seperti susu ini dianggap sebagai makanan lengkap karena merupakan sumber protein, karbohidrat, dan lemak yang baik

Meski terdengar menjanjikan,kandungan kalori susu kecoa tinggi. Secangkir susu kecoa atau sekitar 250 ml mengandung sekitar 700 kalori yang setara dengan tiga gelas susu biasa.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading