Sukses

Health

5 Penyebab Cemas Berlebihan yang Patut Diperhatikan Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Anxiety adalah gangguan kecemasan yang membuat seseorang merasa cemas berlebihan dan merasa gelisah. Sehingga menyebabkan penderitanya kurang tidur dan tidak tenang.

Sebenarnya, kecemasan merupakan reaksi normal saat kamu mengalami stres. Namun, jika rasa cemas terjadi berlebihan dan secara terus menerus dapat memberikan dampak buruk terhadap tubuh.

Banyak hal yang bisa menyebabkan perasaan cemas ini, seperti stres, terlalu banyak beban pikiran, kurang istirahat atau merasa diri tak layak. Ini adalah masalah mental yang tak boleh diabaikan begitu saja, karena ini bisa menganggu kesehatan tubuh dan produktivitasmu.

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab cemas berlebihan yang patut diperhatikan beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Cemas Berlebihan yang Paling Umum

Cemas berlebihan atau gangguan kecemasan merupakan salah satu gangguan mental yang serius. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi otak yang mengatur rasa takut dan emosi.

Berikut beberapa faktor yang dapat memengaruhi seseorang terkena penyakit cemas berlebihan:

  1. Trauma psikologis atau pengalaman negatif yang menyebabkan stres.
  2. Faktor Keturunan.
  3. Gangguan kepribadian.
  4. Efek samping obat atau zat tertentu, termasuk kafein dan narkoba.
  5. Penyakit tertentu, seperti gangguan irama jantung dan penyakit tiroid.

Gejala Cemas Berlebihan

Penyakit cemas berlebihan memang terdiri dari beberapa jenis yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, secara umum, semua jenis gangguan kecemasan memiliki gejala yang sama, yaitu:

- Merasa kesulitan, panik, atau takut.

- Tidak bisa tenang atau tetap diam.

- Jantung berdebar-debar

- Tangan dan kaki terasa dingin, berkeringat, mati rasa, atau kesemutan.

- Sesak napas.

- Merasa pusing.

- Mulut kering.

- Mual.

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Kecemasan yang berlebihan adalah masalah mental yang tak boleh diabaikan begitu saja, karena ini bisa menganggu kesehatan tubuh dan produktivitasmu. Tetapi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perasaan cemas berlebih tersebut, diantaranya: 

1. Tetap aktif secara fisik

Kembangkan rutinitas harianmu sehingga kamu tetap aktif secara fisik. Olahraga adalah pereda stres yang ampuh. Ini dapat meningkatkan mood dan membantumu tetap sehat. Mulailah perlahan, dan secara bertahap tingkatkan jumlah dan intensitas aktivitasmu.

2. Kurangi minuman berkafein

Nikotin dan kafein dapat memperburuk kecemasan. Kalau sudah terbiasa mengonsumsi kafein atau nikotin, sebaiknya kurangi secara bertahap setiap harinya.

3. Lakukan meditasi

Teknik visualisasi, meditasi dan yoga merupakan contoh teknik relaksasi yang dapat meredakan kecemasan. Kamu bisa mencari tempat yang tenang agar bisa melakukannya dengan lebih efektif.

4. Jadikan tidur sebagai prioritas.

Tidur secara teratur dan berkualitas adalah hal yang penting untuk mendapatkan kesehatan fisik dan mental. Kurang tidur bisa merangsang hormon kortison dalam tubuh yang bisa menyebabkan stres dan kecemasan.

5. Berbicara dengan orang lain

Kecemasan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan memikirkan sesuatu secara berlebihan. Padahal, apa yang kamu pikirkan belum tentu akan menjadi kenyataan. Kamu bisa mengurangi perasaan seperti ini dengan cara berbagi pikiran dengan orang lain, karena terhubung dengan seseorang juga bisa meredakan stres secara efektif.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading