Sukses

Health

5 Obat Alami untuk Membantu Meringankan Infeksi Jamur Kulit

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak jenis perawatan dan solusi untuk mengobati infeksi jamur kulit. Namun kita juga bisa melakukan pengobatan secara alami dan membuatnya sendiri.

Berikut beberapa pengobatan dari bahan-bahan yang bisa kita temukan di rumah yang berkhasiat untuk meringankan gejala infeksi jamur kulit. Serta bagaimana cara membuat dan mengaplikasikannya dari Skin Health Advisor Felicity Mann melansir avogel.co.uk;

1. Cuka sari apel

Apple cider vinegar (atau disingkat ACV) adalah salah satu obat alami yang ideal untuk memerangi pertumbuhan jamur berlebih karena memiliki antibakteri dan antijamur dari luar dan dalam menurut penelitian.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa ACV yang sedikit diencerkan dapat membantu mencegah pertumbuhan ragi candida. Ragi jenis khusus ini bertanggung jawab atas banyak infeksi jamur.

Kita dapat mengonsumsi cuka sari apel dengan berbagai cara: diminum tanpa campuran, diencerkan dengan air, atau mengoleskan pada area yang jamur. Jika tidak membaik dalam waktu seminggu, segera konsultasi dengan dokter.

 

 

2. Plain yogurt  

 

Plain yogurt memiliki kultur bakteri hidup, terutama strain lactobacillus. Ini penting karena bakteri ramah ini dapat membantu mengatur kehidupan di usus dan mencegah jumlah kecil ragi candida yang hidup di sana dari kelebihan populasi. Ini dilakukan dengan melepaskan hidrogen peroksida, senyawa yang dapat membunuh ragi candida. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa yogurt biasa bisa lebih efektif daripada krim antijamur yang populer.

Pastikan setelah mengolesinya pada area jamur, kita mencucinya sampai bersih.

 

3. Kunyit

Kunyit telah digunakan dalam bumbu masakan India selama berabad-abad, tetapi baru belakangan ini orang-orang mengetahui sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat dari rempah-rempah. 

Sebuah penelitian yang melihat potensi luas kualitas antivirus dan antijamur kunyit menemukan bahwa kurkumin, senyawa aktif yang ditemukan dalam kunyit, efektif tidak hanya terhadap spesies Candida, tetapi juga terhadap berbagai jamur.

 

 

5. Jus cranberry

Jus cranberry direkomendasikan untuk mendukung kesehatan kandung kemih kita karena sifat antibakterinya. Namun, penelitian telah menemukan bahwa jus cranberry juga memiliki beberapa manfaat antijamur.

Diperkirakan bahwa jus cranberry dapat menghambat produksi ragi dan satu penelitian khususnya tampaknya mendukung gagasan ini. Jus cranberry memberikan pengaruh antijamur yang signifikan pada delapan spesies dermatofita (jamur) yang berbeda, meskipun tidak berdampak pada strain Candida albicans.

5. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antijamur yang membuatnya menjadi obat alami yang populer untuk infeksi jamur kulit. Ini juga dapat berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan kita yang menjadi bonusnya.

Jika ingin menggunakan bawang putih secara topikal, cobalah menambahkan beberapa cengkeh dan mengoleskannya ke area yang terkena.

#WomenForWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Jamur kulit adalah istilah yang sering digunakan untuk infeksi jamur pada kulit. Keadaan normal, jamur tertentu ditemukan di kulit manusia

    Jamur Kulit

Loading