Sukses

Health

Tips Meredakan Nyeri Haid Secara Alami di Rumah

Fimela.com, Jakarta Haid atau menstruasi menjadi salah satu hal yang pasti dialami oleh perempuan. Haid menjadi siklus bulanan yang menjadi penanda luruhnya sel telur di rahim perempuan. Haid umumnya terjadi kurang lebih selama 7 hari. 

Adanya peluruhan dinding rahim saat haid sering memicu kontraksi yang membuat perut terasa nyeri. Tak hanya perut yang nyeri, beberapa perempuan akan merasa sakit pinggang, suasana hati yang tidak nyaman bahkan pusing. Melansir dari laman health.com, nyeri haid bisa diatasi dengan cara alami di rumah. Bagaimana caranya? 

Cara Meredakan Nyeri Haid

1. Kompres Air Hangat

Cara alami pertama yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid adalah mengompres perut dengan air hangat. Kamu bisa mengompres perut dengan botol atau kain yang direndam dengan air hangat. Rasa hangat pada kompres bisa mengendurkan otot dan meredakan kram. 

2. Olesi Minyak Esensial

Cara alami selanjutnya adalah mengoleskan minyak esensial ke perut atau pinggang yang nyeri. Minyak esensial juga bermanfaat mengendurkan otot yang kram penyebab nyeri. Minyak esensial juga bisa membuat suasana hati lebih nyaman sehingga rasa nyeri yang ada akibat haid bisa berkurang.. 

3. Lakukan Olahraga Ringan

Saat merasa nyeri haid dan dirimu lebih banyak tidur atau rebahan, ini bisa membuat rasa nyeri yang ada semakin parah. Sebaiknya lakukan olaharga ringan saat nyeri haid mulai terasa. Olahraga ringan bisa mengendurkan otot penyebab nyeri haid. Olahraga ringan juga bisa memperlancar aliran darah di seluruh tubuh yang mengurangi rasa nyeri dan membuat suasana hati lebih tenang. 

4. Ubah Pola Makan

Cara selanjutnya adalah ubah pola makan. Hindari mengonsumsi makanan yang bisa memperparah nyeri. Sebaiknya, makan makanan yang bisa mengurangi rasa nyeri seperti yogurt, kunyit asam, buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan mengandung protein tanpa lemak. Hindari makanan yang mengandung banyak garam serta kafein. 

Itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar nyeri haid reda. Nyeri haid biasanya terjadi di hari pertama haid. Usahakan untuk mengonsumsi lebih banyak cairan selama haid untuk mencegah dehidrasi. Semoga informasi bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading