Sukses

Health

7 Penyebab Kulit Jari Tangan Mengelupas yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Jari tangan adalah bagian tubuh yang sering digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jari tangan dapat mengalami pengelupasan, yang disebabkan karena banyak hal, baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Tentu saja kondisi ini bisa mengganggu penampilan.

Tak hanya mengganggu penampilan. Jari tangan yang mengelupas juga membuat tidak nyaman dan memunculkan rasa sakit saat memegang sesuatu. Penyebab jari tangan mengelupas yang paling umum adalah karena sering menyentuh bahan kimia.

Kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa perawatan kulit, yaitu menggunakan pelembap tangan, melakukan pola hidup sehat dan menggunakan sarung tangan. Sehingga Sahabat Fimela tidak perlu khawatir saat mengalami pengelupasan pada jari tangan. Berikut penyebab kulit jari tangan mengelupas, yang dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Kulit Jari Tangan Mengelupas

1. Sering Mencuci Tangan

Penyebab kulit jari tangan mengelupas yang pertama, yaitu karena terlalu sering mencuci tangan. Untuk menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan adalah hal yang perlu dilakukan, agar kondisi tangan tetap steril dan terhindar dari kotoran penyebab penyakit. Tetapi sabun yang digunakan untuk mencuci tangan, memiliki kandungan yang bisa menghilangkan minyak alami pada kulit. Sehingga kulit jari tangan akan mudah terkelupas.

2. Penggunaan Produk Berbahan Kimia

Tanpa disadari, ada banyak produk yang digunakan setiap hari memiliki kandungan kimia berbahaya, yang kurang baik untuk kulit dan menyebabkan kulit jari tangan mengelupas. Beberapa produk tersebut adalah sampo, sabun mandi, deterjen, produk skincare dan lain sebagainya. Bahan kimia yang sering terdapat dalam produk adalah formaldehida, parfum, alkohol, paraben dan isothiazolinones cocamidopropyl betaine.

3. Sering Mengisap Jari

Kebiasaan sering mengisap jari bisa menyebabkan kondisi kulit jari tangan mengelupas. Kebiasaan buruk ini sebaiknya dihindari, agar kesehatan kulit jari tangan tetap terjaga. Kebiasaan mengisap jari juga bisa menyebabkan sakit pada sistem pencernaan, karena di jari tangan terdapat banyak kotoran, bakteri hingga cacing yang tidak baik untuk kesehatan.

4. Perubahan Cuaca

Penyebab kulit jari tangan mengelupas yang selanjutnya, yaitu karena adanya faktor perubahan cuaca. Bagi sebagian orang, ada yang tidak tahan dengan kondisi cuaca yang terlalu dingin atau panas. Saat mengalami perubahan cuaca ekstrem, kulit akan beradaptasi, lalu mengeriput dan mengalami pengelupasan. Jika berada di cuaca dingin, kamu bisa menggunakan sarung tangan untuk melindungi jari tangan. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap tangan saat cuaca dingin maupun panas.

Penyebab Kulit Jari Tangan Mengelupas

5. Memiliki Alergi

Alergi bisa dijadikan sebagai penyebab kulit jari tangan mengelupas. Ada banyak kemungkinan kulit jari tangan alergi terhadap sentuhan, seperti saat bersentuhan terhadap serbuk sari, debu, atau bahan latex. Reaksi alergi bisa bermacam-macam. Ada yang mengalami bersin-bersin, muncul bentol-bentol di kulit, hingga pengelupasan pada kulit.

6. Psoriasis

Psoriasis tidak hanya dialami pada kulit kepala. Psoriasis atau peradangan pada kulit juga bisa dialami jari tangan dan menyebabkan kulit mengelupas. Gejala awalnya, kulit jari tangan akan bersisik, kemudian terjadi penebalan kulit dan akhirnya mengelupas. Kondisi ini harus segera diatasi dan dikonsultasikan pada dokter.

7. Eksim di Tangan

Penyebab kulit jari tangan mengelupas yang terakhir, yaitu disebabkan karena mengalami eksim pada tangan. Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang bisa menyebabkan kulit mengelupas. Biasanya eksim disebabkan karena kulit bersentuh dengan zat alergi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading