Sukses

Health

5 Manfaat Temulawak sebagai Tanaman Asli Indonesia

Fimela.com, Jakarta Temulawak yang memiliki nama ilmiah curcuma zanthorrhiza ternyata adalah salah satu tanaman asli Indonesia. Selain dikenal sebagai salah satu tanaman asli Indonesia, temulawak juga dikenal sebagai tanaman herbal.Tak hanya itu temulawak juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Pensaran apa saja? Berikut adalah beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan!

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti kebanyakan tanaman herbal lainnya, salah satu khasiat dari temulawak adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Temulawak baik dikonsumsi setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya. Selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, temulawak juga mampu membantu proses metabolisme tubuh karena mengandung pati dan turmerol. 

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan piridoksin pada temulawak dianggap mampu mengatasi masuk angin. Selain mampu mengatasi masuk angin dan mual-mual saat perut kembung, temulawak juga mampu melancarkan pencernaan karena memiliki kandungan serat dan kurkumin yang tinggi. Sehingga, mengonsumsi temulawak sangat cocok bagi kamu yang memiliki masalah sulit buang air besar. Selain itu, temulawak juga mampu merangsang produksi empedu, sehingga mampu meningkatkan fungsi pencernaan. Tak lupa, kandungan atsiri pada temulawak juga mampu meningkatkan nafsu makan.

Menurunkan Risiko Kanker

Berdasarkan penelitian, temulawak dianggap mampu mencegah, mengendalikan, bahkan membunuh beberapa jenis sel kanker, diantaranya kanker payudara, hati, serviks, usus besar, dan prostat. Walaupun penelitian tersebut masih terus dilakukan, nyatanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam temulawak memang mampu mencegah terbentuknya sel kanker dalam tubuh. Selain itu, temulawak juga memiliki sifat antiradang dan antikanker. Oleh karena itu, temulawak dikenal mampu menurunkan risiko kanker, walaupun penelitian tentang hal ini masih terus dilakukan.

Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Selain mampu mencegah tumbuhnya sel kanker, ternyata temulawak juga mampu membantu mengontrol kadar gula darah agar lebih stabil. Temulawak diketahui mampu meningkatkan efektivitas insulin yang bertanggung jawab atas mengontrol kadar gula darah. Selain itu, kandungan kurkuma yang tinggi pada temulawak juga ternyata mampu membantu menurunkan kolesterol jahat, yaitu low density lipoprotein (LDL).

Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Kulit Wajah

Kemudian, manfaat terakhir temulawak bagi tubuh adalah membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit wajah. Kandungan minyak atsiri pada temulawak dianggap mampu mencegah penuaan diri dan membuat kulit tampak lebih halus. Selain itu, kandungan minyak atsiri juga mampu mengatasi noda hitam pada wajah. Senyawa antiradang pada temulawak juga dapat membantu proses penyembuhan luka pada kulit lebih cepat.

Jadi, temulawak sebagai tanaman herbal asli Indonesia memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tetapi perlu diingat bahwa konsumsi temulawak juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Manfaat temulawak akan dapat dirasakan jika temulawak dikonsumsi dalam dosis normal dan tentu nya dengan anjuran dokter, karena ada beberapa kelompok yang harus menghindari konsumsi temulawak, seperti wanita hamil dan menyusui serta mereka yang memiliki penyakit hati. Oleh karena itu, jumlah dan intensitas konsumsi temulawak juga harus diperhatikan, ya!

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading