Sukses

Health

9 Penyebab Eksim Kambuh yang Membuat Gatal di Seluruh Tubuh

Fimela.com, Jakarta Ada banyak faktor penyebab eksim kambuh yang membuat gatal di seluruh badan. Kondisi ini bisa membuat penderitanya tidak nyaman. Bahkan bekas yang ditimbulkan oleh eksim, bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Eksim bisa dialami semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Eksim merupakan penyakit kulit yang termasuk dermatitis atopik, ditandai dengan munculnya ruam kecil di bagian kulit tertentu. Ruam yang muncul disertai dengan rasa panas dan gatal.

Secara umum, eksim kambuh dipengaruhi oleh faktor gaya hidup yang kurang sehat. Seseorang yang memiliki keturunan eksim atau yang sistem imunitas tubuhnya lemah, akan lebih berisiko terkena eksim. Berikut penyebab eksim kambuh, yang membuat gatal di seluruh badan:

Penyebab Eksim Kambuh

1. Makanan

Penyebab eksim kambuh yang pertama, yaitu dipengaruhi karena mengkonsumsi makanan penyebab eksim. Makanan yang paling berisiko meningkatkan eksim adalah makanan laut. Karena makanan laut mengandung protein yang sangat tinggi. Bahkan pada sebagian orang, alergi terhadap makanan laut bisa menyebabkan sesak napas hingga gangguan pada sistem pencernaan.

2. Stres

Tanpa disadari, ternyata stres bisa membuat seseorang mengalami eksim. Pada saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol. Sehingga tubuh akan mengalami peradangan, muncul ruam dan menyebabkan eksim kambuh serta gatal di seluruh tubuh. Cobalah untuk mengelola pikiranmu dengan baik, agar terhindar dari stres dan penyakit kulit.

3. Terlalu Banyak Keringat

Apakah Sahabat Fimela sering melakukan kegiatan di luar ruangan, yang bisa menyebabkan keringat keluar dengan banyak? Jika iya, maka banyaknya keringat yang dikeluarkan oleh tubuh bisa memicu eksim. Biang keringat juga bisa memicu ruam kecil di area tubuh tertentu, dan membuat tubuh menjadi sangat lembap, serta mudah ditumbuhi jamur kulit.

4. Menggunakan Pakaian Kotor

Kalau kamu memiliki riwayat penyakit kulit, seperti eksim, sebaiknya rutinlah menggantu pakaian yang digunakan sehari-hari. Menggunakan pakaian kotor bisa menyebabkan eksim kambuh. Karena keringat yang menempel di pakaian kotor terdapat banyak bakteri dan kuman. Bahan pakaian juga sangat berpengaruh terhadap eksim. Lebih baik gunakan pakaian dengan bahan katun yang menyerap keringat, agar terhindar dari penyakit eksim.

Penyebab Eksim Kambuh

5. Sering Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang baik dan bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tetapi olahraga ini kurang cocok untuk pemilik eksim. Kandungan kaporit yang terdapat di kolam renang, bisa menjadi salah satu penyebab eksim kambuh. Kaporit juga bisa membuat kulit sangat kering dan sensitif.

6. Salah Memilih Sabun

Bagi seseorang yang memiliki eksim, ada baiknya memperhatikan pemilihan sabun mandi dengan benar. Karena salah memilih sabun bisa menyebabkan eksim kambuh. Sebaiknya pilih sabun mandi yang tidak mengandung parfum, alkohol dan paraben. Lebih baik menggunakan sabun yang terbuat dari bahan alami atau vegan.

7. Terkena Kandungan Kimia

Penyebab eksim kambuh yang terakhir adalah karena terkena kandunga kimia. Kandungan kimia berbahaya bisa ditemukan pada produk skincare atau makeup. Perhatikan kandungan pada produk kecantikanmu, sebelum membeli dan menggunakan produk tersebut.

Cara Mengatasi Eksim Kambuh

Eksim yang kambuh dapat diatasi dengan pengobatan khusus. Tentu saja cara utama mencegah eksim kambuh adalah dengan menghindari penyebab eksim. Dengan menghindari penyebab eksim kambuh, maka Sahabat Fimela akan lebih mudah dalam menjaga kesehatan kulit.

Usahakan untuk menjaga kebersihan tubuh jika memiliki riwayat penyakit kulit. Kamu bisa mandi sehari dua kali, pada pagi dan sore hari. Jika terlalu banyak mengeluarkan keringat, sebaiknya segera bersihkan diri dengan mandi dan mengganti pakaian. Jangan biarkan keringat menempel terlalu lama pada tubuh.

Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun dan mudah menyerap keringat. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, karena bisa memicu eksim kambuh. Sahabat Fimela bisa mengoleskan lotion atau bedak dingin pada eksim yang kambuh. Usahakan jangan menggaruk saat tubuh terasa gatal, dan sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading