Sukses

Parenting

5 Rekomendasi Sabun Mandi untuk Anak yang Memiliki Eksim

Fimela.com, Jakarta Saat anak mengalami gatal-gatal di area kulit, Mom harus berhati-hati dan perhatikan sabun yang digunakan anak saat mandi, karena sabun bisa berpengaruh sebagai penyebab eksim pada kulit.

Eksim sering disebut dengan dermatitis atopik atau penyakit kulit gatal. Tak hanya menyerang anak saja, eksim ini juga menyerang orang dewasa, dengan munculnya gatal dan ruam kulit di area leher, punggung, tangan, lipatan siku dan area kulit lainnya.

Untuk mengatasi eksim ini, kamu bisa mengganti sabun mandi dengan sabun mandi yang mengandung hypoallergenic. Berikut sabun mandi untuk anak yang menderita eksim, dilansir dari berbagai sumber:

 

Penyebab Eksim Anak

Dilansir dari National Eczema Association, eksim yang menyerang anak biasanya disebabkan karena alergi terhadap suhu yang terlalu dingin, memiliki kulit kering, terkena debu atau alergi terhadap makanan tertentu.

Saat anak mengalami eksim, biasanya kulit menjadi sangat kering, memiliki tekstur yang bersisik, kemerahan dan mudah mengelupas. Muncul rasa perih dan gatal di area kulit, yang menyebabkan anak menjadi tidak nyaman dan sering menangis.

Untuk mengatasi eksim ini, Mom bisa memandikan anak selama 5 menit saja, dengan air hangat dan gunakan sabun yang aman untuk eksim. Lalu tepuk-tepuk tubuh anak dengan handuk yang sangat lembut, tetapi jangan sampai kering. Terakhir oleskan krim dari dokter untuk menyembuhkan gatal atau gunakan bedak gatal.

 

Cara Memilih Sabun untuk Eksim

Mom harus berhati-hati saat memilih sabun mandi untuk anak, agar tidak memperparah kondisi eksim di kulitnya. Sehingga pilihlah sabun yang tidak mengandung deterge, pewangi atau alkohol.

Lalu pilih sabun yang memiliki pH normal, hindari sabun yang terlalu asam atau basa, agar kulit tetap lembap dan mengurangi iritasi.

Jangan gunakan sabun yang memiliki kandungan AHA, glycolic acid, salicylic acid dan sulfur. Tetapi gunakan sabun yang mengandung niacinamide, ceramide, hyaluronic acid, lidah buaya, shea dan minyak alami.

Rekomendasi Sabun untuk Eksim Anak

1. Cussons Baby SensiCare Gentle Hair & Body Wash

Rekomendasi sabun yang pertama adalah Cussons Baby SensiCare Gentle Hair & Body Wash. Sabun ini memiliki kadnungan organic oat, argan oil dan ceramide, yang aman digunakan untuk kulit eksim pada anak. Sabun ini dijual seharga Rp 119ribu.

2. Pigeon Baby Wash 2 in 1 Chamomile

Produk Pigeon Baby Wash 2 in 1 Chamomile, memiliki kandungan ekstrak bunga chamomile dan jojoba. Sabun ini tidak mengeluarkan busa, sehingga bisa membantu melembapkan kulit anak dan mengurangi rasa gatal di kulit. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 41ribu.

3. Johnson's Baby Milk + Rice Hair and Body Baby Bath

Sabun yang aman untuk eksim selanjutnya adalah Johnson's BabyMilk + Rice Hair and Body Baby Bath. Sabun ini diperkaya dengan kandungan susu dan ekstrak beras, yang melembutkan kulit kasar dan kering akibat eksim. Harga sabun ini adalah Rp 45ribu.

4. Galenium Caladine Baby Liquid Soap

Rekomendasi yang selanjutnya adalah Galenium Caladine Baby Liquid Soap. Sabun ini mengandung vitamin B5 dan minyak zaitun, yang bisa menyembuhkan alergi yang muncul di kulit. Sabun ini dijual dengan harga Rp 25ribuan.

5. Cetaphil Gentle Cleansing Bar

Sabun mandi yang terakhir adalah Cetaphil Gentle Cleansing Bar. Sabun ini tidak mengandung alkohol, detergen atau pewangi. Sehingga sangat aman digunakan untuk mengatasi kulit yang terkena eksim. Kandungan sabun ini juga mampu mengembalikan pH kulit menjadi normal. Sabun ini dijual dengan harga Rp 125ribuan.

PLAYLIST VIDEO 27 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
9 Bahan Makanan Pengganti Nasi yang Cocok untuk Pejuang Diet
Artikel Selanjutnya
9 Tips Awet Muda Secara Alami yang Mudah Dilakukan