Sukses

Parenting

Gejala dan Perawatan Gatal di Kulit Kepala Bayi Karena Eksim

Kulit kepala gatal, duh ... rasanya menyiksa dan membuat nggak nyaman. Bayangkan jika rasa gatal di kulit kepala ini disebabkan karena eksim dan menyerang si kecil.

Eksim adalah penyakit kulit yang disebabkan karena alergi. Eksim dapat menyerang siapapun, termasuk juga bayi. Penyebab eksim bisa jadi karena produksi sebum yang berlebihan di kulit kepala, kondisi kulit seperti psoriasis dan rosacea, biang keringat, cuaca, alergi terhadap pemakaian produk tertentu ataupun sejarah alergi keturunan dari orang tua.

Gejala eksim kulit kepala pada bayi, antara lain:

  • Ruam kemerahan
  • Gatal luar biasa
  • Kulit bersisik dan mengelupas
  • Adanya cairan dalam luka
  • Lecet-lecet di permukaan kulit kepala
  • Perubahan warna kulit di sekitar lokasi terjadinya luka

Lalu, jika si kecil mengalami eksim di kulit kepala, bagaimana cara menyembuhkannya? Memang, rasa gatal yang nggak nyaman akan membuat bayi rewel. Untuk mengatasinya, sebagai pertolongan pertama, Mom bisa membersihkan kulit kepala bayi dengan sedikit shampoo dan air hangat. Bilas hingga bersih. Keramasi bayi setiap kali bayi berkeringat karena keringat bisa menjadi penyebab utama eksim.

Selain itu, telitilah produk-produk yang dipakai bayi ataupun kondisi yang memicu keluarnya eksim pada kulit kepala bayi. Jauhkan dari penyebab-penyebab tersebut dan hubungi dokter segera untuk mendapatkan salep dan obat khusus. Biasanya, dokter akan meresepkan obat yang mengandung corticosteroid untuk menganggulangi rasa gatal dan memperbaiki kulit.

Semoga informasi ini berguna untuk si kecil dan semoga lekas sembuh ya, Mom!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading