Sukses

Parenting

Balita Mengidap Penyakit Langka, Perut Membesar Seukuran Bola Basket

Niu Shaolong, usianya baru empat tahun tapi ia sudah mengidap penyakit langka. Berbeda dari balita normal lainnya, perut Shaolong membesar seukuran bola basket. Karena kondisinya itu, ia pun sering mengalami gangguan kesehatan seperti sulit bernapas.

Shaolong tinggal di sebuah desa kecil di Zuoquan, Shanxi. Dilansir dari shanghaiist.com, kedua orang tuanya berprofesi sebagai petani dan sudah melakukan semua yang mereka bisa untuk mencari pengobatan untuk buah hati tercinta. Lingkar pinggang Shaolong adalah 144 cm (sementara lingkar kepalanya 84 cm). Perutnya yang membesar membuat dia kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan napasnya tersengal-sengal saat berjalan kaki.

Foto: copyright shanghaiist.com

Di 301 Hospital, Beijing, Shaolong didiagnosis menderita penyakit gaucher (penyakit genetik di mana suatu zat lemak terakumulasi dalam sel dan organ tertentu). Penyakit ini sejenis penyakit genetik yang mempengaruhi organ dan jaringan penderita. Ciri-ciri penderita yang mengidap penyakit ini, antara lain muncul memar, rasa lelah, anemia, trombosit darah rendah, dan pembesaran hati dan limpa.

Foto: copyright shanghaiist.com

Karena perut Shaolong yang membesar, ia kalau tidur harus dengan posisi telungkup. Kedua orang tuanya pun tak sampai hati melihat putranya tidur dengan posisi seperti itu.

Foto: copyright shanghaiist.com

Diketahui kalau penyakit langka ini disebabkan oleh defisiensi bawaan enzim glucocerebrosidaseyang menyebabkan pembesaran pada organ tubuh seperti hati dan limpa. Komplikasi dari penyakit ini beragam, dan salah satunya adalah kematian.

Untuk bisa membayar biaya pengobatan Shaolong, kedua orang tuanya harus menjual harta benda dan juga menggadaikan rumah mereka. Beruntung, saat ini banyak orang yang memberi donasi pada keluarga Shaolong setelah beritanya tersebar di media setempat.

Foto: copyright shanghaiist.com

Setelah tiga fase pengobatan, kondisi Shaolong lama kelamaan membaik. Tapi biaya perawatan dan pengobatan yang dibutuhkan masih banyak. Kita doakan semoga Shaolong kecil bisa segera sembuh, ya Ladies.

 
(vem/nda)
What's On Fimela
Loading