Sukses

Health

4 Penyebab Cedera saat Olahraga yang Patut Dihindari

Fimela.com, Jakarta Olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan dan semua orang dianjurkan untuk rutin melakukannya. Terkadang karena terlalu bersemangat, kita bisa sampai mengalami cedera saat berolahraga. 

Cedera olahraga yang biasa terjadi antara lain seperti keseleo, tegang, otot bengkak, cedera rotator cuff, cedera lutut, patah tulang, dan dislokasi. Ada cedera yang ringan maupun cedera yang berat dan bisa berakibat fatal. 

Cedera pastinya menjadi mimpi buruk bagi mereka yang hobi berolahraga karena proses penyembuhannya biasanya banyak memakan waktu. Lalu, apa saja kah penyebab cedera saat berolahraga? 

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab cedera saat olahraga yang patut dihindari. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

1. Tidak Melakukan Pemanasan dengan Benar

Penyebab cedera saat olahraga yang pertama adalah karena tidak melakukan pemanasan dengan benar. Kerap kali diabaikan, pemanasan ternyata memiliki peran yang sangat penting saat kamu tengah memulai aktivitas olahraga. 

Pemanasan berguna untuk meningkatkan aliran darah dan mempersiapkan sistem saraf pusat untuk beraktivitas. Selama pemanasan, suhu otot akan meningkat. Otot yang hangat lebih elastis dan tidak mudah robek. Tentunya otot yang elastis dapat melindungi tubuh dari cedera. 

Jadi, mulai sekarang jangan pernah remehkan lagi manfaat dari pemanasan, ya. 

2. Melakukan Aktivitas Olahraga secara Berlebihan

Selanjutnya, penyebab cedera saat olahraga yang kedua diakibatkan oleh aktivitas olahraga yang berlebihan. Ketika kamu berolahraga secara berlebihan, otot akan mengalami keausan kronis yang menyebabkan kelelahan dan ketegangan otot serta kram yang berlebihan.

Hal ini mungkin terjadi karena kamu kurang istirahat sementara aktivitas olahraga yang kamu lakukan sangat berat. Inilah sebabnya sangat penting bagi orang yang hobi berolahraga untuk menyadari latihan silang dan aktivitas alternatif dengan gaya, tempo, intensitas, dan waktu latihan yang berbeda.

3. Teknik Olahraga yang Buruk

Berikutnya, penyebab cedera saat olahraga yang ketiga diakibatkan karena teknik olahraga yang buruk. Saat latihan atau berolahraga, teknik yang kita gunakan membuat kita mengulang gerakan sampai beberapa kali. Jika tekniknya tidak benar, maka postur tubuh yang buruk akan memberi banyak tekanan pada otot dan persendian.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Sports Medicine, peneliti menemukan penyebab sebagian besar cedera lari adalah akibat teknik yang tidak tepat. Agar tetap aman, perlambat gerakan dan benar-benar fokus pada otot yang Anda latih di setiap latihan.

4. Sesi Pelatihan Tidak Seimbang

Terakhir, cedera saat berolahraga juga disebabkan oleh durasi latihan yang tidak seimbang. Mungkin hal ini jarang dipahami oleh banyak orang, namun latihan untuk membentuk otot juga memerlukan latihan yang seimbang. Jika tidak, maka postur tubuh akan terlihat besar di beberapa bagian saja. 

Terkadang kita dapat terbawa suasana sehingga terlalu berfokus pada kelompok otot tertentu dan mengabaikan kelompok otot lainnya, yang dapat menyebabkan deformitas dalam jangka panjang. Padahal, latihan yang seimbang adalah kunci awal yang perlu kamu perhatikan untuk membentuk otot agar tubuh terlihat ideal. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading