Sukses

Health

Pola Hidup Tidak Sehat Meningkatkan Risiko Kanker Serviks

Fimela.com, Jakarta Sejauh ini, kanker serviks masih menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan bagi perempuan. Kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Di Indonesia sendiri, kanker serviks menempati peringkat kedua sebagai kanker yang paling ganas bagi perempuan setelah kanker payudara. 

Bicara mengenai kanker serviks, apa yang menjadi penyebab kanker serviks? Melansir dari laman bestlifonline.com, saat ini belum ditemukan secara pasti apa penyebab kanker serviks. Namun penyakit ini sering dikaitkan dengan inveksi HPV atau Human Papillomavirus. Kanker serviks juga erat kaitannya dengan faktor genetik serta penyakit menular seksual. Beberapa ahli juga menyebutkan jika kanker serviks bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.

Pola Hidup Tidak Sehat dan Kelebihan Berat Badan

Perempuan yang memiliki berat badan berlebih, jarang mengonsumsi sayur dan buah serta memiliki pola hidup yang tidak sehat sangat rentan terhadap risiko kanker serviks. Risiko bahkan akan meningkat berkali-kali lipat ketika perempuan memiliki kebiasaan buruk merokok. 

Penelitian menyebutkan jika kandungan nikotin dalam rokok bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, ini sangat meningkatkan perkembangan sel kanker dalam tubuh semakin meningkat. Perempuan yang menderita kanker serviks umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Pola Hidup Tidak Sehat Meningkatkan Beragam Risiko Penyakit Lainnya

Selain meningkatkan risiko kanker serviks, pola hidup yang tidak sehat akan meningkatkan risiko penyakit lainnya. Beberapa penyakit lainnya tersebut adalah kelebihan berat badan, risiko stroke, serangan jantung dan berbagai penyakit mematikan lain. 

Orang-orang yang memiliki pola hidup tidak sehat bahkan tidak hanya berisiko terhadap penyakit saja. Lebih jauh, mereka juga rentan mengalami masalah kesehatan psikis. Agar memiliki fisik dan psikis lebih sehat, pastikan untuk memiliki pola hidup sehat setiap harinya. Miliki asupan nutrisi cukup, olahraga cukup, istirahat cukup dan hindari stres. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading