Sukses

Health

7 Penyebab Gatal di Telapak Kaki yang Bikin Nggak Nyaman Saat Jalan

Fimela.com, Jakarta Sering dikatakan bahwa rasa gatal pada kaki memiliki tanda bahwa kamu akan berpergian jauh atau melakukan perjalanan, terdengar menyenangkan tetapi hal ini tidak selalu mencerminkan kenyataan nya. Ada kemungkinan kaki yang gatal terus menerus juga disebabkan oleh masalah kaki dan kamu dapat mengatasinya secara efektif.

Saat kamu merasakan gatal pada telapak kaki wajar jika ingin menggaruknya, akan tetapi menggaruk juga dapat menyebabkan pelepasan serotonin yang sebenarnya dapat meningkatkan rasa gatal tersebut. Kaki yang gatal tentu membuat kita tidak nyaman, apalagi jika rasa gatal nya sudah kronis atau ada gejala lainnya.

Banyak kondisi yang berbeda dapat menyebabkan kaki gatal, meskipun rasa gatal sekali tidak perlu kamu khawatirkan akan tetapi telapak kaki yang sangat kata atau rasa gatal yang tidak kunjung membaik dari waktu ke waktu tentu memerlukan perawatan. Berikut beberapa penyebab telapak kaki gatal yang bikin nggak nyaman:

1. Kulit Kering

Kulit kering tentu dapat menyebabkan Telapak kaki kita kata, berikut beberapa faktor resiko kulit kering yang mungkin kamu alami:

  • Usia.
  • Hidup iklim kering.
  • Paparan air secara teratur, seperti terlalu sering mencuci tangan.

Jika kamu memiliki kulit kering di kaki tentu akan membuatnya merasa kata, ada baiknya untuk Mengoleskan krim, lotion, atau minyak juga dapat membantu meredakan rasa gatal tersebut.

 

2. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit merah bersisik dan nyeri, hal ini dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh termasuk kaki. Psoriasis sendiri juga akan membuat telapak kaki kita saat kata atau bahkan menyakitkan.

Hal ini terjadi ketika sistem kekebalan seseorang mulai menyerang sel sel kulit yang sehat. Tak hanya itu hal ini juga dapat mempercepat produksi sel sel yang menghasilkan ruam.

3. Eksim

Eksim juga dikenal sebagai Dermatitis Atopik hal ini merupakan suatu kondisi yang biasanya ditandai dengan kulit yang sangat kering atau bahkan fatal. Eksim juga dapat muncul di banyak area tubuh termasuk telapak kaki, meskipun belum diketahui secara jelas apa penyebab dari eksim akan tetapi hal ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan genetik.

4. Athlete Foot

Mungkin kamu sering mendengar istilah ini tetapi beberapa kaki atlet atau “Athlete’ Foot” terjadi karena adanya kulit jamur yang berkembang di sela sela jari kaki, masih bisa menyerang bagian kaki lainnya. Selain itu hal ini juga dapat menyebabkan rasa gatal dan perih pada area yang terinfeksi, jamur sendiri akan berkembang dalam kondisi yang hangat, lmbab, dan gelap seperti di sepatu olahraga.

5. Reaksi Alergi

Alergi kulit juga dapat menyebabkan rasa gatal, hal ini mungkin berasal dari kondisi kulit tertentu seperti eksim maupun psoriasis atau bahkan dari kontak dengan zat seperti lateks atau serbuk sari.

6. Infeksi Cacing Tambang

Cacing tambang merupakan salah satu jenis parasit yang hidup di usus manusia, seseorang bisa mendapatkan cacing tambang dengan berjalan tanpa Alas kaki di daerah di mana Larva berada. Infeksi dari cacing tambang sendiri relatif jarang tempat tempat yang higienis atau memadai. Seseorang mungkin akan mengalami rasa gatal di tempat Larva cacing tambang masuk itu pun mereka, ada baiknya jika kamu periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

7. Kudis

Kudis terjadi ketika tunggal yang sangat kecil masuk ke dalam mulut seseorang dan bertelur, hal ini dapat menyebabkan ruam yang sangat fatal. Kondisi ini menular dan dapat menyebar melalui kontak kulit ke kulit dan dapat terjadi di mana saja di tubuh termasuk di bagian kaki.

Memiliki kebiasaan merawat kaki yang baik untuk dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kaki dan mencegah beberapa penyebab seperti infeksi jamur. Kamu juga perlu memperhatikan perawatan kaki seperti jangan memakai sepatu atau kaos kaki sampai kaki kamu benar benar kering, cuci kaki secara teratur dengan sabun yang lembut, atau kenakan kaus kaki berbahan katun dan wol. Yang terasa sangat gatal tentu membuat kita tidak nyaman, akan tetapi kita juga perlu memperhatikan perawatan kaki dengan benar atau menggunakan sandal dan sepatu yang sesuai dengan ukuran.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading