Sukses

Health

6 Kebiasaan untuk Menguatkan Mental yang Perlu Dicoba

Fimela.com, Jakarta Hidup bahagia adalah keinginan semua orang. Memiliki mental yang kuat adalah salah satu cara untuk semakin dekat dengan hidup bahagia. Dengan kondisi mental yang kuat, kita akan menjalani hidup dengan pola pikir yang sehat. Untuk memiliki mental yang kuat, kamu bisa melakukan 6 kebiasaan dibawah ini, loh! Simak baik-baik, ya.

1. Mengontrol emosi

Sebagai manusia, sangat normal kita merasakan berbagai emosi saat menjalani kehidupan. Sedih, senang, marah, kecewa, bahagia, dan berbagai bentuk emosi lainnya adalah hal yang membuat hidup kita berwarna. Saat kita mampu mengontrol berbagai bentuk emosi negatif dengan tenang agar emosi tersebut tidak memengaruhi cara berbicara dan bertindak kita, saat itulah kita bisa dikatakan memiliki mental yang kuat. Kamu tidak membiarkan emosi tersebut menghambatmu untuk terus menjalani kehidupan.  Kamu mengakui dan menerima berbagai bentuk emosi negatif tersebut agar kamu bisa melanjutkan kehidupan tanpa dikontrol oleh emosi-emosi tersebut.

2. Berpikir kritis

Saat kamu berpikir kritis mengenai berbagai pikiran, hal, dan informasi yang menghantuimu, kamu bisa mulai mengolah dan memilih berbagai pikiran, hal, dan informasi yang kamu butuhkan dan baik untukmu. Terlebih di era yang serba menggunakan internet saat ini membuat berbagai pikiran, hal, dan informasi dapat kamu terima dengan mudah. Jika kamu tidak dapat mengolah dan memilih pikiran, hal, dan informasi yang kamu terima, maka kamu akan mulai memikirkan banyak hal dan informasi yang tidak kamu butuhkan serta tidak baik untukmu.

3. Mengetahui dan membuat batasan diri

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan manusia lainnya untuk bertahan hidup. Hubungan timbal balik antar manusia pun tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui dan membuat batasan diri. Membuat batasan diri dalam hal ini bukan merujuk pada pembatasan interaksi sosial dengan orang lain, tetapi kamu memiliki batasan akan intervensi orang lain dalam kehidupanmu. Kamu tidak membiarkan orang lain mengontrol hidupmu, baik melalui perilaku maupun perkataan mereka. Saat kamu mengetahui dan membuat batasan diri, kamu dapat hidup sebagai versi terbaik dirimu tanpa merusak hubungan sosial yang kamu miliki dengan orang lain.

4. Belajar dari kesalahan

Terobsesi dengan berbagai hal, khususnya kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu hanya berdampak buruk bagi kesehatan mental karena dapat menimbulkan stres. Jika kamu ingin menguatkan kondisi mentalmu, alih-alih terperangkap dalam masa lalu, kamu memilih untuk belajar dari masa lalu. Kamu berusaha mengetahui kenapa kesalahn itu bisa terjadi dan bagaimana cara agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi di masa depan. Saat kamu sudah bisa melakukan hal-hal tersebut, kamu dapat dikatakan memiliki mental yang kuat karena kamu masih memberi dirimu sendiri kesempatan untuk terus belajar dan berkembang.

5. Membatasi penggunaan media sosial

Sama hal nya dengan internet, kini hidup kita tidak dapat dilepaskan dari media sosial. Tetapi, ketika penggunaan media sosial sudah berlebihan, maka hal tersebut dapat berpengaruh buruk pada kesehatan mental kita. Waktu penggunaan media sosial yang tinggi dapat membuat kita terus membandingkan kehidupan kita dengan orang lain berdasarkan hal-hal yang kita lihat melalui media sosial. Bahkan, menurut beberapa penelitian, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat berujung pada depresi. Oleh karena itu, mulai saat ini, perlahan-lahan kurangi waktu penggunaan media sosialmu demi kondisi mental yang jauh lebih baik dan kuat.

6. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Setelah melalui hari-hari yang padat dan melelahkan, jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk dirimu sendiri. Menurut sebuah penelitian, meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat membantu diri kita untuk lebih termotivasi. Kegiatan tersebut juga berdampak baik pada otak karena mampu meningkatkan kreativitas, menguatkan ingatan, bahkan mampu membuatmu lebih produktif dalam jangka waktu panjang. Berjalan santai, membaca buku, atau sekedar berbaring sambil menikmati film atau drama favoritmu dapat membantu menguatkan kondisi mentalmu.

Menjaga kesehatan mental sangat penting. Jadi pastikan kamu melakukan hal-hal di atas ya.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading