Sukses

Health

3 Jenis Olahraga yang Tepat Dilakukan selama Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Selama puasa Ramadan mungkin salah satu rutinitas banyak orang yang mengalami perubahan adalah olahraga. Banyak orang memutuskan tidak melakukan olahraga dahulu demi bisa fokus menjalankan puasa, karena bagaimana pun orang-orang merasa khawatir akan dehidrasi jika tetap olahraga selama puasa.

Tapi sesungguhnya ada beberapa olagraga yang justru baik jika tetap dilakukan selama menjalani puasa Ramadan, bahkan dianjurkan agar bisa menunjang puasa tetap lancar. Dilansir dari Thenationalnews, ini sekian jenis olahraga yang baik dilakukan selamam puasa Ramadan.

1. Kekuatan

Sebaiknya orang yang menjalankan puas fokus pada tiga latihan, salah satunya adalah latihan kekuatan. Alasannya sederhana kekuatan otot perlu dilatih dan dijadikan latihan prioritas karena hilangnya massa otot selama tidak olahraga karena ibadah puasa justr dapat memperlambat metabolisme tubuh. Jadi agar metabolisme tubuh tetap lancar, lakukan strength workout di rumah. Bisa dengan mengangkat beban, tanpa perlu melompat, dan bisa dilakukan dengan duduk.

2. Kardio

Batasi olahraga kardioa dengan kegiatan yang sederhana seperti berjalan kaki atau senam jika dilakukan sebelum buka puasa. Namun akan lebih baik jika dilakukan setelah buka puasa, setelah tubuh tidak mengalami dehidrasi. Latihan kardioa penting dilakukan karena guna mmebakar simpanan lemak menjadi sumber energi sehingga selama puasa Ramadan kita tidak menimbun lemak dan menjadi terlalu gemuk saat lebaran.

3. Fleksibilitas

Latihan yoga, pilates dan meditasi juga sangat dianjurkan selama Bulan Ramadan karena tidak terlalu membutuhkan energi berlebihan namun tetap bisa melatih tubuh dengan sangat baik. Jika takut mengalami dehidrasi, lakukan setelah buka puasa. Sempatkan 30 menit saja melakukannya, setelah salat tarawih.

Jadi selama menjalani puasa Ramadan, tetap jaga kesehatan dengan rutin olharaga dan ketahui jenis olahraga yang tepat agar tidak terlalu kelelahan dan mengganggu ibadah puasa ya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading