Sukses

Health

9 Penyebab Demam Menggigil Secara Tiba-Tiba

Fimela.com, Jakarta Penyebab demam menggigil secara tiba-tiba harus diwaspadai. Karena demam menggigil adalah gejala awal dari penyakit yang berbahaya. Kondisi tubuh saat mengalami demam menggigil, akan disertai dengan tubuh yang lemah, sakit kepala dan mual.

Demam menggigil secara tiba-tiba ini, bisa dialami sebagian orang yang hanya pada malam hari saja. Tetapi pada esok harinya, demam menggigil akan sembuh dengan sendirinya. Begitu juga sebaliknya. Bahkan seseorang bisa merasakan bersin-bersin terus menurus dan pilek.

Secara umum, penyebab demam menggigil ini disebabkan karena sistem imunitas tubuh sedang menurun, kemudian tubuh terinfeksi oleh virus. Sebenarnya demam akan sembuh sendiri selama 3 sampai 5 hari, tetapi jika tidak segera sembuh, Sahabat Fimela bisa berkonsultasi dengan dokter. Berikut penyebab demam menggigil secara tiba-tiba:

Penyebab Demam Menggigil

1. Alergi Dingin

Penyebab demam menggigil yang pertama adalah karena alergi dingin. Pada umumnya terjadi saat cuaca dingin. Bagi orang yang memiliki alergi dingin, maka bisa mengalami gejala demam menggigil disertai dengan bersin hingga pilek. Usahakan menjaga kehangatan tubuh pada saat cuaca sedang dingin, agar tidak mengalami demam berkepanjangan.

2. Terkena Infeksi Virus

Demam menggigil secara mendadak juga bisa disebabkan karena tubuh terkena infeksi virus seperti meningitis, flu, radang tenggorokan, dan sinutitis. Kalau tubuh terkena infeksi virus, maka tubuh akan bereaksi terhadap virus dan menyebabkan demam. Waspadai kondisi ini, karena bisa menular ke orang lain.

3. Imunisasi atau Vaksin

Seseorang yang telah melakukan imunisasi atau vaksin, biasanya akan mengalami demam menggigil secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena sistem imun tubuh memberikan reaksi terhadap virus jinak yang dimasukkan ke dalam tubuh. Setelah tubuh beradaptasi dengan hal tersebut, maka suhu tubuh akan kembali normal.

Penyebab Demam Menggigil

4. Sering Mengonsumsi Minuman Dingin

Walaupun minuman dingin tampak menyegarkan, tetapi sering mengonsumsi minuman dingin bisa menyebabkan seseorang terkena demam menggigil secara tiba-tiba. Apalagi jika minum minuman dingin pada saat cuaca ekstrem. Sebaiknya hindari minum minuman dingin pada saat suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Ada baiknya mengonsumsi minuman hangat yang bisa mengatasi peradangan di dalam tubuh, serta perbanyak konsumsi air putih.

5. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Siapa sangka makanan berlemak adalah salah satu penyebab demam menggigil. Makanan yang berlemak seperti gorengan, memiliki kandungan minyak jenuh yang sangat tinggi. Kandungan tersebut bisa menyebabkan radang ternggorokan dan flu, sehingga akan menimbulkan gejala demam menggigil secara tiba-tiba. Bahkan lemak jahat yang dikonsumsi bisa menyebabkan penyakit jantung.

6. Gigitan Nyamuk

Demam menggigil juga bisa disebabkan karena penderitanya terkena gigitan nyamuk, seperti nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dan malaria. Sahabat Fimela harus segera memeriksakan keadaannya, saat mengalami gejala terinfeksi penyakit tersebut. Karena penyakit ini juga bisa membahayakan nyawa penderitanya.

Penyebab Demam Menggigil

7. Sering Pulang Malam

Kalau kamu sering beraktivitas pada malam hari, dan pulang terlalu larut malam, maka bisa menyebabkan demam menggigil secara tiba-tiba. Udara pada malam hari sangat dingin, dan angin malam sangat tidak baik untuk kesehatan. Kondisi ini bisa menyebabkan sistem imunitas menurun, sehingga orang yang sering pulang malam akan berisiko terkena flu dan demam. Gunakan pakaian hangat saat pergi di malam hari.

8. Sering Begadang

Tak hanya pulang malam saja, bahkan aktivitas begadang juga menyebabkan tubuh mengalami demam menggigil. Begadang akan membuat sistem imunitas tubuh seseorang menjadi menurun. Begadang juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan fokus di esok harinya. Agar badan berenergi, jagalah kualitas tidurmu dengan baik.

9. GERD

Terakhir, orang yang memiliki riwayat penyakit gerd, bisa mengalami demam mengigil. Gastroesophageal Reflux Disease atau yang disingkat dengan GERD, adalah penyakit yang menyerang lambung. Kondisi ini disebabkan karena katup atau sfingter yang ada di kerongkongan bawah melemah, sehingga menyebabkan mulut terasa sangat asam, sesak dada dan naik sampai tenggorokan. Sehingga penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini bisa menyebabkan demam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading